Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Toyota AE86 "Tukang Tahu" Ditawar Rp 1,7 miliar

JAKARTA, KOMPAS.com - Gelaran Indonesia Modification Expo (IMX) 2018 sudah dimulai Sabtu (17/11/2018). Pameran modifikasi kendaraan ini menampilkan beragam mobil-mobil yang dimodifikasi beraneka rupa dengan beragam model.

Salah satunya yang menarik banyak perhatian pengunjung adalah Toyota AE86 Trueno. Bagi penggemar budaya pop Jepang, mobil ini terkenal dalam manga Initial D dan kini oleh pemiliknya dibuat sedemikian rupa menyerupai kendaraan tukang tahu tersebut.

“Ya mobil ini dikenal di manga dan anime Initial D yang mengangkat kehidupan drifter di Jepang. Hari ini di IMX sudah ada yang menawar Rp 1,7 miliar. Tapi belum saya lepas,” ucap sang pemilik, Jk.

Jk menceritakan mobil ini didapatnya dalam kondisi tidak sempurna. Perlahan-lahan ia restorasi hanya dalam waktu tiga bulanan untuk mencapai kondisi saat ini.

Jk yang menceritakan proses restorasi dilakukannya dengan sepenuh hati agar benar-benar menyerupai kondisi mobil di dalam manga tersebut. Salah satunya adalah detil eksterior yang menampilkan mobil berkelir putih hitam ini dengan stiker bertuliskan aksara Jepang seperti dalam manga.

Sektor yang paling menarik ada di bagian interior kendaraan. Para penggemar Inital D akan melihat cup holder legendaris dimana sang protagonis di Inital D berlatih drifting dengan membawa gelas berisikan air agar tidak tumpah.

“Beberapa part juga saya dapatkan cukup sulit. Kondisinya baru tapi barang lama. Seperti lampu belakang, mud guard dan stir berbalut kulit Itavolanti Initial D yang memang dulu dibuat khusus untuk AE86,” terang Jk.

Meski berstatus mobil tua, tapi Jk dengan percaya diri memperlihatkan bagian mesin. Mesinnya dibangun dengan rapi dengan kabel-kabel tersembunyi di balik fender depan. Mesin asli 4AGE sudah dimodifikasi maksimal.

“Ada pergantian throttle body, girboks, serta final gear diganti juga. Plus tambahan limited slip diferential pakai TRD,” ucap Jk.

Jk masih menunggu tawaran yang lebih tinggi pada pameran IMX 2018 yang masih berlangsung hingga Minggu (18/11/2018).

Mengenai Intial D sendiri, merupakan manga yang dibuat oleh Shuichi Shigeno pada 1995 sampai 2003. Kisahnya berpusat pada seorang pemuda bernama Takumi Fujiwara yang merupakan seorang anak tukang tahu.

Untuk mengisi waktu luangnya, Takumi membawa AE86 miliknya mengantar tahu melalui jalan pegunungan dengan teknik drifting. Dari situlah cerita bermula ketika Takumi bertemu dengan penggemar drifting lainnya untuk bertanding dan menjadi legenda dari Gunung Akina.

https://otomotif.kompas.com/read/2018/11/18/123100615/toyota-ae86-tukang-tahu-ditawar-rp-1-7-miliar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke