Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Blusukan ke Pabrik Esemka di Boyolali

Penasaran dengan sikap petugas yang ketat, apalagi ditambah dengan penampakan adanya deretan mobil pikap berwarna putih, akhirnya Kompas.com mencoba untuk blusukan ke area desa yang barada di belakang pabrik tersebut.

Namun sebelum mengintip dari belakang pabrik, Kompas.com sembat bertanya kebeberapa warga sekitar. Beberapa mengakui suka melihat ada deretan mobil di depan bagian samping pabrik, namun untuk jenisnya sendiri mereka mengaku tidak tahu menahu.

"Sudah ada, tapi enggak tahu itu mobil apa jenis apa, enggak ngerti. Kadang itu di depan kadang di samping lalu ditutupi, gitu tok," ucap Ismin, salah satu warga setempat yang sering melintas di depan pabrik.

Menurut penuturan warga lain, beberapa waktu lalu sempat ada rombongan truk besar dari yang berbondong-bondong masuk ke dalam pabrik tersebut dari arah Sambi. Sebagian ada yang tertutup, sebagian terlihat membawa mobil.

"Bulan lalu itu malam-malam ramai truk masuk ke situ (pabrik). Tidak tahu bawa apa, karena seperti bawa peti kemas, ada yang bawa mobil juga putih-putih (warna). Kondisinya dari kemarin-kemarin gitu aja, enggak terlihat kayak pabrik, sepi-sepi di depannya," ucap warga yang enggan disebut namanya tersebut.

Perjalanan Kompas.com harus berhenti sampai di samping belakang pabrik dana melihat kondisi dari kejauhan. Nampak seluruh bangunan sudah berdiri seperti hanggar produksi hingga ke bagian belakang. Bagian samping dekat sawah, masih ada lahan kosong yang tanahnya mulai diuruk.

Namun dari pantauan langsung, tidak telihat ada aktivitas apapun di area pabrik selain petugas keamanan tadi yang berada di depan saung pintu masuk. Namun Kompas.com sempat menemui salah satu perangkat desa.

"Dulu sempat ikut mengurus dan mensosialisasikan ke warga, tapi sejak mulai dibangun sudah tidak ada komunikasi lagi. Kalau saya sendiri kurang perhatiin kondisinya, cuma dengar-dengar kalau sudah ada mobil, kalau produksi tidak tahu karena memang tertutup," ucapnya, yang juga menolak untuk disebutkan namanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2018/10/09/080200715/blusukan-ke-pabrik-esemka-di-boyolali

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke