Salin Artikel

Menaksir Harga Hummer H3 Bekas Milik Koruptor

JAKARTA, KOMPAS.com — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menyita deretan kendaraan bermotor milik Bupati Hulu Sungai Tengah (nonaktif) Abdul Latif. Selain Cadillac Esclade, mobil mewah yang dibeli dari uang gratifikasi itu adalah Hummer H3.

Berdasarkan keterangan KPK, terdapat dua Hummer H3 berkelir putih yang kemarin baru saja tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Senin (19/3/2018), bersama deretan mobil dan sepeda motor besar (moge) lainnya.

Sejarah Hummer pertama dibuat hanya untuk kepentingan militer, tetapi seiring dengan perkembangan dan tren, tepatnya pada 1992, dijual secara umum.

Mobil tersebut di Indonesia kebanyakan dijual importir umum. Populasinya juga lumayan banyak, apalagi di DKI Jakarta sering berseliweran di jalan raya.

Perlu diketahui bahwa Abdul Latif mendapatkan gratifikasi Rp 23 miliar dan mencuci uangnya itu dengan membeli mobil mewah dan moge, termasuk Hummer H3 itu.

Bicara mengenai harga, apabila dilihat dari beberapa situs jual beli mobil online, banderol H3 beragam tergantung tahun, yaitu mulai Rp 950 jutaan hingga di atas Rp 1 miliar. Kondisi itu bekas, keluaran terbaru sudah pasti lebih dari itu.

Cukup banyak yang menjual Hummer H3 bekas atau model lain di situs jual beli mobil online. Rata-rata dibanderol Rp 1.150.000.000 untuk tahun 2011, belum diketahui juga Hummer punya koruptor itu keluaran tahun berapa.

Jadi, kira-kira Abdul Latif mengeluarkan uang untuk membeli Hummer saja sudah sekitar Rp 2 miliar. Sebab, dia punya dua Hummer H3 berkelir putih yang kini disita KPK dan disimpan di Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Jakarta Barat.

https://otomotif.kompas.com/read/2018/03/20/100200515/menaksir-harga-hummer-h3-bekas-milik-koruptor

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.