Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Deretan Motor Pertama Pabrikan Jepang yang Dirakit di Indonesia

Jakarta, KOMPAS.com - Sepeda motor pabrikan asal Jepang bisa dibilang sangat mengakar di tengah masyarakat Indonesia. Tercatat ada tiga pabrikan Jepang yang sudah cukup lama berkecimpung dalam industri otomotif di Tanah Air, yakni Honda, Yamaha dan Suzuki. Ketiganya sudah hadir di Indonesia sejak era 1970-an.

Kompas.com merangkum motor-motor pertama yang diproduksi ketiga pabrikan tersebut di Indonesia. Berikut daftarnya:

1. Honda S90Z

PT Astra Honda Motor (AHM) didirikan pada 1971 dengan nama awal PT Federal Motor. Saat itu, PT Federal Motor hanya merakit, sedangkan komponennya diimpor dari Jepang dalam bentuk CKD (completely knock down). Tipe sepeda motor yang pertama kali diproduksi Honda adalah S90Z, salah satu motor sport "naked" bermesin 4-Tak dengan kapasitas 90cc.

"S90Z merupakan motor pertama yang diproduksi Honda di Indonesia. Setelah itu semua produk sudah buatan lokal. Baru mengimpor lagi CBU tahun 1994 untuk tipe NSR150," kata Deputy Head of Communication PT AHM Ahmad Muhibbudin kepada Kompas.com, Minggu (18/3/2018).


2. Yamaha L2 Super

Pabrik sepeda motor Yamaha mulai beroperasi di Indonesia sekitar tahun 1969 untuk proses perakitan saja. Saat itu semua komponen masih didatangkan dari Jepang. Yamaha tercatat baru mulai memproduksi motor di Indonesia pada 1974. Model pertamanya adalah L2 Super, salah satu motor sport naked bermesin 2-Tak dengan kapasitas 97cc.

"L2 Super merupakan salah satu varian L2 Series. L2 Super sudah produksi lokal. Kalau L2G masih CBU dari Jepang," kata General Manager Marketing Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Eddy Ang.

3. Suzuki A100

Divisi sepeda motor Suzuki mulai hadir di Indonesia pada 1969. Motor pertama Suzuki yang dibuat di Indonesia adalah A100 yang menggunaan mesin 2-Tak dengan kapasitas 98cc. A100 tercatat pertama kali diproduksi sekitar tahun 1973.

https://otomotif.kompas.com/read/2018/03/19/170200115/deretan-motor-pertama-pabrikan-jepang-yang-dirakit-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke