Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ingin Modif Motor Retro, Ini Daftar Harga Aksesorinya

Jakarta, KOMPAS.com - Sepeda motor bergaya retro memiliki beberapa ciri khas yang berbeda dibanding motor masa kini. Perbedaan tersebut di antaranya bentuk tangki, jok, buntut hingga rangka bagian belakang.

Selain memesan ke bengkel custom, modifikasi motor retro juga bisa dikerjakan sendiri. Modalnya cukup berbelanja aksesori yang dibutuhan di toko-toko aksesori.

Saat ini, mulai banyak toko-toko aksesori khusus untuk modifikasi motor retro. Contohnya Central Classic Custom di Jalan Bukit Cinere Raya, Gandul, Depok; ataupun Mr Classic yang beralamat di Jalan Raya Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Kedua tempat ini, penggemar motor retro dapat menemukan berbagai aksesori yang dibutuhkan untuk modifikasi motor retro, dari mulai batok lampu, tangki, jok hingga buntut dan rangka belakang. Masing-masing aksesori dibanderol dengan harga bervariasi tergantung jenis barangnya. Harga aksesori tidak termasuk ongkos pemasangan.

Di Mr Classic, batok lampu dijual mulai harga Rp 110.000 hingga Rp 800.000. Sedangkan di Central Classic dijual pada kisaran harga Rp 70.000 hingga Rp 500.000.

Selain batok lampu, aksesori lainnya yang juga dijual adalah tangki yang terbuat dari flat. Rentang harga yang dijual baik di Mr Classic maupun Central Classic tak jauh berbeda, yakni ada di kisaran Rp 250.000 hingga Rp 350.000 untuk yang belum dicat. Sedangkan untuk tangki yang sudah dicat dijual pada kisaran harga Rp 500.000 hingga Rp 600.000.

Aksesori lainnya yang juga dibutuhkan dalam modifikasi motor retro adalah rangka belakang yang dijual pada kisaran harga Rp 35.000-75.000. Rangka belakang motor retro bentuknya pendek. Sehingga posisi tempat duduk pengemudi dan "boncenger" jadi sama tinggi.

Bagi yang menginginkan bentuk cafe racer murni, tersedia pula hornet alias buntut tawon. Di Central Classic, harga buntut tawon dibanderol Rp 175.000. Sedangkan di Mr Classic dijual dengan kisaran harga Rp 185.000 sampai Rp 195.000.

Kendati dijual terpisah, ukuran buntut, rangka belakang dan jok sudah cocok satu sama lain. Untuk jok, harganya dijual pada kisaran harga Rp 165.000-175.000 khusus yang custom, dan Rp 200.000 untuk yang klasik.

Bentuk, warna dan permukaan kulit jok custom umumnya lebih beragam. Berbeda dengan jok klasik yang umumnya hanya berwarna hitam dan bentuknya sederhana. Mirip dengan jok asli dari motor-motor lawas.

Penanggung jawab toko Mr Classic, Jeremia Manafe menyatakan tokonya cukup sering didatangi para konsumen yang membeli dalam jumlah kecil. Barang-barang yang biasanya dicari adalah batok lampu, stop lampu, sein ataupun jok.

"Biasanya bagi yang cepat bosan pasti cepat ganti aksesori," kata Jeremia saat ditemui Kompas.com, Senin (26/2/2018).

Mr Classic tidak melayani pemasangan aksesori dalam jumlah satuan. Jasa pemasangan baru dilakukan untuk pembeli dalam jumlah besar yang ingin mengubah motor secara total.

Namun tidak demikian dengan di Central Classic. Di tempat ini, pembeli aksesori dalam jumlah satuan juga bisa dilayani jasa pemasangan. Namun bukan di toko tersebut. Melainkan di bengkel mereka yang berlokasi di wilayah Tanah Baru, masih di Depok.

"Untuk pemasangan ongkosnya tergantung spare part apa dulu yang mau dipasang. Kalau seperti lampu-lampu, dari mulai lampu depan, lampu belakang sampai lampu sein biasanya Rp 100.000," kata pemilik toko Centra Classic, Nolavander.

https://otomotif.kompas.com/read/2018/02/28/152637615/ingin-modif-motor-retro-ini-daftar-harga-aksesorinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke