Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

"Muscle Car" Legendaris Tebar Pesona di Bogor

Bogor, KOMPAS.com - Mustang merupakan salah satu mobil legendaris yang pernah diproduksi oleh Ford. Mobil yang masuk dalam jajaran "muscle car" ini kerap muncul dalam film-film Hollywood, salah satunya dalam film Fast And Furious.

Ford Mustang termasuk mobil yang punya penggemar tersendiri di dunia, tak terkecuali di Indonesia. Salah satu seperti Ford Mustang warna hitam lansiran tahun 1967 milik Anton, salah seorang anggota komunitas Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI).

Mustang yang dimiliki Anton merupakan mobil dua pintu namun berkapasitas empat penumpang, termasuk sopir. Sehingga pintu tersebut juga berfungsi untuk keluar masuk penumpang di baris belakang.

Posisi setir masih berada di sebelah kiri seperti yang ada di Amerika. Berbeda dengan peraturan berlalu lintas di Indonesia yang menerapkan berjalan di kiri sehingga setir harus berada di kanan.

Ditemui Kompas.com di sela-sela acara yang digelar PPMKI di Kebun Raya Bogor, Minggu (21/1/2018), Anton menyebut mobilnya itu dibeli dari seorang temannya sekitar lima tahun lalu. Namun Anton menolak menyebutkan harganya.

Anton tertarik membeli Mustang untuk menambah koleksi mobil-mobil lawasnya, khususnya mobil-mobil Amerika. Sebelum membeli Mustang, Anton tercatat sudah memiliki beberapa mobil lawas seperti Mercedes Benz 37, Chevrolet 41 dan Chevrolet 48.

"Mustang kan memang mobil Amerika. Dipanggilnya Muscle Car," ujar Anton.

Menurut Anton, Mustang yang dimilikinya bermesin 2.800 cc 6 silinder yang sudah menggunakan transmisi matik. Saat pertama kali membeli mobil tersebut, Anton menyebut kondisi mesin sudah mengalami gangguan sehingga mengharuskan dilakukan perbaikan.

Namun tak ada suku cadang untuk perbaikan yang menggunakan milik mobil lain. Sebab Anton membeli suku cadang asli Mustang yang dikirim melalui temannya yang berada di Amerika.

Untuk body masih dalam kondisi asli. Menurut Anton, perbaikan hanya dilakukan di bagian-bagian tertentu yang sudah rusak.

https://otomotif.kompas.com/read/2018/01/22/110200815/-muscle-car-legendaris-tebar-pesona-di-bogor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke