Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Oplet Si Doel Dijual Setengah Miliar Rupiah

Bogor, Kompas.com - Anak-anak generasi 90-an mungkin familiar dengan sinetron Si Doel Anak Sekolahan, sebuah sinetron yang pernah tayang di layar kaca dan menjadi salah satu tontonan favorit masyarakat ketika itu. Dalam cerita Si Doel, dikisahkan tentang cerita kehidupan keluarga sederhana dari seorang penarik oplet.

Jenis mobil yang digunakan sebagai oplet dalam sinetron Si Doel diketahui adalah Morris Minor 100 Traveler. Mobil buatan Inggris ini dulunya memang pernah digunakan sebagai angkutan umum jenis oplet di Jakarta. Saat ini sudah sangat sulit menemui Morris Minor yang masih beredar.

Salah satu Morris Minor yang masih tersisa di Jakarta adalah milik Salim, salah seorang anggota komunitas Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI). Ditemui saat PPMKI menggelar acara di Bogor pada Minggu (21/1/2018), Salim menceritakan asal mulanya memiliki mobil bermesin 1.000cc yang diproduksi tahun 1957 itu.

Menurut Salim, dirinya dulunya merupakan salah satu penarik oplet yang sempat mencicipi era Morrris Minor. Saat dilakukannya peremajaan oplet menjadi mikrolet pada tahun 1980, Salim pun membeli oplet yang digunakannya itu dari sang juragan.

"Saya sempat narik oplet dulu waktu ongkosnya masih Rp 30 perak. Tahun 1980 oplet diremajakan jadi mikrolet, pelatnya saya ganti hitam," ujar Salim.

Kondisi Morris Minor milik Salim terlihat sangat mulus. Sebab sejak 1980 sampai saat ini, Salim masih rutin merawat mobil miliknya itu. Warna biru yang merupakan warna operasional oplet terus dipertahankan.

Salim mengatakan Morris Minor miliknya pernah dipinjam untuk syuting film Si Doel Anak Sekolahan versi layar lebar. Menurut informasi, film ini masih dalam proses produksi dan nantinya akan tayang di bioskop.

Sampai sejauh ini, Salim menyebut sudah banyak yang tertarik ingin membeli Morris Minor-nya itu. Namun Salim mengaku belum menemukan harga penawaran yang cocok. Salim menyatakan tidak akan melepas mobil tersebut di bawah harga Rp 500 juta.

"Yang nawar RP 300-400 juta sudah ada, cuma saya belum mau. Maunya Rp 500 juta," ujar Salim.

https://otomotif.kompas.com/read/2018/01/22/094200515/oplet-si-doel-dijual-setengah-miliar-rupiah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke