Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rawat Busi Motor, Jangan Pakai Amplas dan Sikat Kawat

Jakarta, KompasOtomotif - Busi memiliki fungsi yang sangat penting pada kendaraan roda dua, yakni memercikan api ketika terjadi proses pembakaran dalam mesin. Maka dari itu, kondisi dan kebersihan busi harus selalu bagus agar performa motor juga maksimal.

Sedianya, perawatan busi merupakan hal yang mudah dilakukan dan dapat dilakukan sendiri oleh pemilik sepeda motor, tanpa harus pergi ke bengkel.

Sidik, teknisi dealer Yamaha Deta, Pondok Bambu, Jakarta Timur, menjelaskan bahwa bagian yang harus diperhatikan dari busi adalah ujungnya, yakni bagian elektroda tengah dan elektroda massa. Biasanya, pada bagian ini tampak berkerak atau berwarna hitam. Kerak tersebut merupakan dampak dari pembakaran.

"Bagian ini dibersihin dari kerak, kalau businya kotor. Tapi, jangan pakai amplas atau sikat kawat karena bisa mengikis busi (bagian elektroda tersebut)." kata Sidik saat ditemui, Selasa (16/1/2018).

Namun, Sidik mengingatkan, busi tersebut jangan direndam ke bensin. Sebab justru akan mperpendek usia pemakaian busi karena bisa mengikis elektrodanya.

Jika sudah dibersihkan, lanjut Sidik, maka busi tersebut harus dikeringkan dengan menggunakan lap atau disemprot angin dari kompresor. Setlah itu pasang kembali ke motor. Sidik menyarankan, perawatan busi dilakukan semaksimalnya setiap 6.000 kilometer.

https://otomotif.kompas.com/read/2018/01/16/144500115/rawat-busi-motor-jangan-pakai-amplas-dan-sikat-kawat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke