Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Honda Manjakan Komunitas

Selain itu, ada juga yang berfikiran bahwa dengan bergabung dalam suatu komunitas tertentu akan mendapat keuntungan. Misalnya, mendapatkan  informasi terbaru hingga dispensasi harga perlengkapan tambahan atas produk yang telah dibeli.

Namun bagi Honda, tidak ada perlakuan khusus atau memprioritaskan komunitas tertentu. Apalagi soal potongan harga atau diskon. Hal ini juga berlaku bagi "komunitas premium" produk Honda, yakni R Club atau komunitasnya para pemilik Civic Type R. Meskipun, dalam proses pembentukannya Honda ikut terlibat.

"Komunitas Civic Type R yang bentuk main dealer, kami bantu sedikit," kata Marketing & After Sales Service Director Honda Prospect Motor (HPM), Jonfis Fandy, saat ditemui di sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, (26/11/2017).

Menurut Jonfis, Honda akan memberikan apa pun yang bisa diberikan kepada komunitas, sama seperti konsumen lainnya. Meskipun tak ada perlakuan khusus, namun bukan berarti mengesampingkan keberadaan komunitas tersebut.

Misalnya, ada penyelenggaraan suatu acara dan acara tersebut berkaitan dengan satu komunitas tertentu. Pada kemudiannya, komunitas itu akan diundang untuk hadir.

Seperti Gathering Nasional pertama R Club yang bertajuk "Sunday Circuit Driving dengan Honda Civic Type R". Di sela-sela agenda seri terakhir Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM), Minggu (26/11/2017) kemarin, Honda memberikan kesempatan para anggota R Club menjajal kendaraannya mencicip sirkuit sentul.

"Kami penuhi yang bisa kami lakukan, misalnya mau mengadakan program dengan tim CSR (Corporate Sosial Responsibility) atau kegiatan tujuan apa pun, kalau bisa kami suport, ya kami suport," kata Jonfis.

Begitu juga terkait informasi seputar produk-produk Honda, termasuk yang terbaru. Jika komunitas meminta, kata Jonfis, pihaknya akan memberikan akses.  "Misalnya, ada anggota komunitas, 'saya ingin tahu teknologi ini', kami bisa bantu kasih tahu mereka," kata Jonfis.

https://otomotif.kompas.com/read/2017/11/28/170200015/cara-honda-manjakan-komunitas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke