Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kata Bos Daihatsu Jepang Soal Gempuran Merek China

Tokyo, KompasOtomotif – Selain merek Jepag dan Eropa, kali ini merek-merek asal negeri China yang mulai ekspansi keluar. Tidak hanya di Indonesia, merek berdarah Negeri Tirai Bambu juga masuk menginjakkan kaki India dan wilayah baru lainnya.

Fokus pada pasar dalam negeri di kendaraan roda empat, ada dua merek yang sudah menjual produknya, Sokon dan Wuling. Bos Daihatu Jepang, Koichiro Okudaira, President Daihatsu Motor Company, angkat bicara mengenai persaingan terbaru dengan merek China.

Okudaira menjawab normatif, kalau kompetisi di Industri otomotif cukup sengit dan itu merupakan hal yang biasa. Jika melihat ada pasar yang cukup potensial, Daihatsu juga akan melakukan hal yang sama seperti Wuling dkk.

“Kompetisi itu biasa. Kemudian jika ada kebutuhan mobil di suatu pasar, kami juga akan datang ke pasar tersebut,” ujar Koichiro Okudaira, President Daihatsu Motor Company, Rabu (25/10/2017).

Pasalnya, jika melihat posisi Daihatsu di pasar dalam negeri cukup kuat, di mana pada saat ini berada di posisi kedua dari penjualan retailnya di bawah Toyota. Selain mereknya yang sudah dikenal, harganya yang terjangkau juga jadi salah satu alasan, mereka dipilih masyarakat Indonesia.

Sementara jika melihat merek China yang sudah memasarkan produknya di Indonesia, harganya juga sangat murah. Tentunya ini akan menantang merek seperti Daihatsu, yang rata-rata bermain di harga jual di bawah Rp 200 juta.

“Mobil-mobil China levelnya makin tinggi, kualitasnya lebih bagus, dan kami akan siap berkompetisi bersama dengan komunitas mobil China juga. Lebih dari itu, kalau ada mobil bervariasi di suatu pasar, maka bagus untuk pasar Indonesia juga,” ucap Koichiro.

https://otomotif.kompas.com/read/2017/10/27/094200515/kata-bos-daihatsu-jepang-soal-gempuran-merek-china

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke