Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Investasi Rp 4 T, Toyota Produksi Yaris di Brasil

Nagoya, KompasOtomotif – Produsen mobil Jepang Toyota bakal gelontorkan dana 316 juta dolar AS atau Rp 4,2 triliun, untuk menyediakan line produksi Yaris di Brasil. Posisi tersebut dianggap jadi tempat ideal, untuk memanfaatkan permintaan yang meningkat.

Mengutip Nikkei, Rabu (27/9/2017) fasilitas yang akan digunakan berlokasi di Sorocaba, di negara bagian Sao Paulo. Kapasitas produksi pabrik tersebut masih tetap di atas 100.000 unit per tahun. Namun, volume untuk subkompak Etios akan disusutkan, demi mengakomodasi Yaris.

Rencananya, produksi Yaris akan dilakukan pada awal Juli 2018 nanti. Soal kelas, Etios merupakan model massal, dan Corolla masuk di kelas atas, sementara Yaris akan menempati kisaran harga menengah.

Ini adalah bagian dari strategi Toyota untuk bangkit kembali di pasar negara berkembang. Mereka sebelumnya mencoba membangun pangsa pasar dengan Etios dan model strategis lainnya, tapi sayangnya mengalami kesulitan, menyesuaikan antara kualitas tinggi dan harga murah.

Baru kemudian Toyota mencoba memanfaatkan anak perusahaannya Daihatsu, yang punya keahlian dalam menghasilkan mobil dengan biaya produksi rendah. Januari lalu, mereka berdua baru saja membentuk perusahaan internal, yang didedikasikan untuk menjual mobil kecil di pasar negara berkembang.

Pada Agustus kemarin, Toyota baru saja menjual sedan murahnya Yaris Ativ di Thailand, dengan kisaran harga 13.000 dollar AS atau Rp 174 jutaan. Harga tersebut, membuat Ativ menjadi sedan paling terjangkau yang ditawarkan oleh Toyota di ASEAN.

Secara umum, produksi mobil global Toyota diproyeksikan mencapai 112 juta unit pada 2023, naik 21 persen dari 2016, menurut PwC Japan Group. Permintaan pasar negara berkembang diperkirakan akan melonjak 37 persen sepanjang rentang waktu tersebut. Sementara di pasar negara maju, pertumbuhan hanya 3 persen.

https://otomotif.kompas.com/read/2017/09/27/154200815/investasi-rp-4-t-toyota-produksi-yaris-di-brasil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke