Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rekam Jejak Type R pada Honda Civic

Selama lebih dari dua dekade, logo Type R melekat pada model-model Honda dengan performa maksimal yang terinspirasi dari mobil balap. Setiap model Type R selalu mewakili kemurnian konsep untuk meminimalkan bobot, memaksimalkan tenaga, responsif, stabilitas dinamis, serta performa pengereman yang maksimal guna memberikan pengalaman berkendara yang paling memuaskan, baik di jalan maupun di lintasan balap.

Baca : Honda Civic Type R Laku Keras

Memasuki usia ke-25, Type R hadir di Indonesia. Selama pameran berlangsung, mobil sport yang yang dibanderol hampir meyentuh Rp 1 miliar ini sudah terjual 15 unit, angka tersebut melebihi target awal HPM yang hanya 10 unit selama pameran.

Rekam jejak perkembangan Civic Type R makin terbukti dengan prestasi terbaru memecahkan rekor Lap Time 7 menit 43,80 detik di sirkuit Nurburgring, Jerman. Kehadiran Honda Civic Type R pun semakin menegaskan karakter mobil-mobil Type R dalam mempertahankan DNA balap yang dimiliki Honda dari generasi ke generasi.

Debut Honda Type R dimulai lewat model Honda NSX Type R pada tahun 1992. Dilengkapi dengan mesin 3.0L VTEC V6 yang mampu memproduksi tenaga 280 PS pada 7.300 rpm dan torsi 30,0 kg.m pada 5.400 rpm.

Honda NSX Type R didesain untuk menyaingi kecepatan mobil balap Eropa pada masanya. Didukung bobot yang ringan, Honda NSX Type R mampu berakselerasi 0-100 kpj dalam waktu 5,03 detik. Generasi kedua NSX Type R diluncurkan secara khusus di Jepang pada tahun 2002.

Kehadiran panel dan air fences di bagian depan serta small rear diffuser di bagian belakang menciptakan stabilitas lebih dinamis yang membuat NSX Type R kompetitif di lintasan balap.

Honda Integra Type R

Sukses dengan Honda NSX Type R, pada 1995 Honda menyematkan gelar Type R pada model Honda Integra Type R. Dipersenjatai dengan mesin yang lebih kecil, yakni 1,8L DOHC VTEC 4 silinder, mobil ini mampu menghasilkan tenaga 200 PS pada 8.000 rpm dan torsi 18,5 kg.m pada 7,500 rpm.

Berbeda dengan model sebelumnya, Integra dengan logo Type R memiliki tenaga yang jauh lebih besar disebabkan rasio kompresi yang tinggi sebesar 10,6:1.

Honda Accord Type R

Selain Integra dan NSX, Honda pun meyematkan label Type R pada Accord pada 1999. Khusus di Eropa, Honda Accord Type R didukung mesin 2.2L DOHC VTEC 4 silinder yang memproduksi tenaga 212 PS dan torsi 215 Nm, dilengkapi suspensi dan sasis yang lebih kaku, sistem knalpot ganda, dan twin piston brakes.

Honda Accord Type R mendapatkan pengakuan secara internasional setelah sukses dalam debutnya di ajang European Super Touring Cup Season tahun 2000.

Baca : Robot Gundam dan Honda Civic Type R

Honda Civic Type R

Kejayaan seri Type R diwariskan lewat model baru Honda Civic Type R pada 1997. Sebagai seri Civic yang pertama kali mendapatkan gelar Type R, mobil ini menggunakan mesin 1.6L DOHC VTEC 4 silinder yang mampu menghasilkan tenaga tertinggi sebesar 185 PS pada dan torsi 16,3 kg.m.

Dilengkapi dengan sasis monokok, desain sasis dan bodi kendaraan dibuat menyatu sehingga bobot kendaraan lebih ringan dan lebih hemat bahan bakar.

Melanjutkan generasinya, pada 2007, Honda Civic Type R seri ketiga diluncurkan di Eropa dan Jepang dengan spesifikasi berbeda. Honda Civic Type R di Eropa memiliki tenaga 201 PS, sedangkan di Jepang 225 PS.

Pada tahun 2015, Honda Civic Type R dengan desain baru diluncurkan di Inggris. Dirakit di Swindon, Civic Type R menawarkan performa maksimal dilengkapi direct-injected Turbocharged 2,0L VTEC Turbo dengan tenaga 310 PS pada torsi maksimum 400 Nm yang mampu berakselerasi 0-100 kpj dalam waktu 5,7 detik.

Baca : Rebutan, Honda Civic Type R Cuma 50 Unit

“Banyak teknologi Honda yang dikembangkan dari lintasan balap, dan pada akhirnya diterapkan pada mobil-mobil produksi Honda dalam perwujudan karakter ‘Fun to Drive’. Honda Civic Type R merupakan model istimewa yang diciptakan untuk membawa kesenangan berkendara sehar-hari, namun siap diuji di lintasan balap,” ucap Takehiro Watanabe, President Director HPM dalam siaran resminya.

https://otomotif.kompas.com/read/2017/08/21/110200815/rekam-jejak-type-r-pada-honda-civic

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke