Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki "Pede" Pilih Warna Terang untuk Interior Carry

Kompas.com - 26/01/2017, 18:25 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Menarik saat mengetahui bahwa Suzuki memilih warna terang untuk interior New Carry Pick Up. Pilihan jatuh pada warna ivory, atau sebut saja krem, ketimbang hitam atau abu-abu yang biasa dipakai untuk kendaran komersial.

Bukan soal estetika, biasanya, kendaraan komersial hanya benar-benar fokus soal fungsional. Pun demikian dengan warna. Interior sudah pasti dipilih warna gelap, mengingat frekuensi pemakaian kendaraan komersial jauh lebih tinggi, juga sebagai ”mobil kerja” yang biasa dengan kotor.

Soal ini, Harold Donnel, 4W Head of Product Development PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengatakan bahwa pemilihan warna ini adalah sebuah penyegaran. Itu pun berdasarkan hasil survei untuk menentukan warna apa yang paling memungkinkan selain nuansa gelap.

”Warna ivory mencerminkan ketangguhan. Dominan hitam atau gelap, tampak sedikit kumuh dan monoton. Pemilihan ivory pun selektif, sesuai dengan apa yang dimaui konsumen,” ujar Harold dalam konferensi pers peluncuran New Carry Pick Up, (26/1/2017), di diler Suzuki Pecenongan, Jakarta Pusat.

Direktur Pemasaran SIS 4W Donny Saputra makin menegaskan penjelasan Harold, bahwa pemilihan warna baru selain hitam juga sudah mempertimbangkan apakah cepat kotor atau tidak. Makanya, SIS tidak pilih warna terang yang plain, misalnya putih polos, lalu dikombinasikan dengan hitam.

”Kotoran akan tetap ada yang bertahan, misalnya oli dan sebagainya. Kotoran ini akan tetap ada meski pakai interior warna gelap sekali pun. Kedua, kotoran seperti debu, dan itu (warnanya) hampir sama dengan ivory,” kata Donny.

Itu pun, lanjut Donny, Suzuki memilih material pembuat door trim yang lebih gampang dibersihkan. Bahannya beda dengan jok, karena lebih banyak ”berhubungan” dengan tangan.

”Makanya, door trim lebih mudah diseka dan dilap. Jok juga bahannya tak semua ivory, ada campuran warna gelap,” ucap Donny.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com