Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Perdesaan Konsepnya Fleksibel

Kompas.com - 25/01/2017, 07:22 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Wanaherang, KompasOtomotif - Kementerian Perindustrian mengaku tengah melakukan uji jalan prototipe mobil perdesaan. Rencananya, program ini sengaja diciptakan demi mendorong perekonomian desa dan prototipe resmi akan diperkenalkan pada Agustus 2017 mendatang.

Untuk proses produksi, Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto, mengatakan, bahwa konsep produksi bersifat fleksibel dengan sistem open source.

"Kita lihat dari fasilitas yang ada, jadi nanti ada beberapa assembler yang bisa kita pakai baik lokal atau ATPM. Untuk sekarang kita buat sistemnya open source jadi bisa di mana saja karena right-nya (hak) itu ada di kami (Kemenperin)," ucap Airlangga di Bogor, Selasa (24/1/2017).

Ketika ditanya apakah nantinya akan menggandeng pihak produsen mobil untuk proses pengembangan, Airlangga menegaskan bahwa tidak akan seperti itu.

Baca juga : Mobil Perdesaan Lagi Tes Jalan, Sudah 100.000 km

"Karena ini sifatnya kendaraan perdesaan, jadi kami akan buatkan sistem desain, komponen, dan alternatif variasi produksi. Jadi nantinya, mobil ini bisa diproduksi di bengkel-bengkel atau karoseri setempat," ucap Airlangga.

Sebelumnya, Airlangga menjelaskan unit prototipe perdesaan sedang melakukan uji jalan. Total hingga saat ini sudah lebih dari 100.000 km yang ditempuh, sedangkan untuk desain masih dalam tahap pengembangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com