Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merek Jepang Ternyata Lebih Dicintai di Amerika

Kompas.com - 29/12/2016, 08:30 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Boston, KompasOtomotif – Merek mobil asli Amerika nampaknya sudah harus khawatir akan eksistensi merek Jepang di negerinya. Sebuah studi baru menunjukkan bahwa, di Amerika Serikat, 10 model mobil yang dipertahankan pemiliknya selama 10 tahun atau lebih, didominasi oleh Toyota, Honda, Subaru dan Lexus.

Mengutip Carscoops, Rabu (28/12/2016) penelitian yang dilakukan oleh iSeeCars menunjukkan bukan hanya model SUV dan minivan, tetapi juga hibrida seperti Toyota Highlander, yang ada di peringkat pertama. Kemudian Toyota Prius dan Lexus RX, dua pilihan lain yang paling populer untuk jangka panjang.

Dalam rangka menyelesaikan studi mereka, iSeeCars menganalisis lebih dari 2,5 juta mobil bekas model tahun 1981-2006, yang dijual antara 1 Januari dan 30 Oktober 2016. Secara total, ada lima model Toyota, tiga Honda, satu Lexus dan satu Subaru.

"Sepuluh besar mobil yang awet digunakan rakyat Amerika adalah merek Jepang, di mana bukan suatu kejutan, karena merek ini memiliki reputasi baik dari sisi keandalan. Namun, yang mengejutkan adalah urutannya," ujar Phong Ly, CEO iSeeCars.

"Ini jenis mobil yang cenderung digunakan sebagai mobil keluarga, sehingga mereka mungkin berharap untuk disimpan selama bertahun-tahun, terutama saat pemiliknya membeli saat memulai keluarga baru," tutur Ly.

Meski begitu, saat ini perusahaan Jepang juga sedang khawatir terkait pemimpin baru Amerika, yang mulai menggelorakan sentimen “Buy American”. Ini bisa mengancam bisnis mereka di sana yang sudah berakar cukup dalam.

Baca juga : Dua Kekhawatiran Besar Toyota terhadap Donald Trump

Berikut daftar lengkap model mobil yang awet dimiliki warga Amerika sampai 10 tahun, dengan persentasenya.

1. Toyota Highlander Hybrid - 32,1 persen

2. Toyota Prius - 32,0 persen.

3. Toyota Highlander - 29,0 persen.

4. Toyota Sienna - 28,7 persen.

5. Honda Pilot - 27,2 persen.

6. Honda CR-V - 25,2 persen.

7. Toyota RAV4 - 24,9 persen.

8. Subaru Forester - 24,2 persen.

9. Lexus RX Hybrid - 24,1 persen.

10. Honda Odyssey - 24,0 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com