Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Suzuki V-Strom Terkena “Recall”

Kompas.com - 28/12/2016, 15:43 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Washington, KompasOtomotif – Produsen kendaraan roda dua asal Jepang, Suzuki, mengumumkan recall, untuk model motor DL650-nya. Jenis sepeda motor besar (moge) adventure ini lebih dikenal biker dengan sebutan V-Strom 650.

Mengutip Asphaltandrubber, Rabu (28/12/2016) jumlah unit yang harus mengalami penarikan kembali dan diperbaiki secara massal mencapai 8.613 unit. Batasannya adalah hanya yang diproduksi antara 30 Agustus 2011 sampai 12 Oktober 2015.

Dalam dokumen recall Suzuki tercatat bahwa kendaraan tersebut, kemungkinan memiliki stator alternator yang tidak cukup kuat menahan panas tinggi. Di mana efeknya akan menimbulkan arus pendek (korsleting) pada kabel stator.

Efek negatif lainnya, kabel stator yang rusak bisa membuat pengisian listrik ke aki atau baterai terganggu dan tidak sempuna, dan mengakibatkan mesin kehilangan daya seketika. Ini juga berpotensi menyebabkan sepeda motor crash.

Untuk mencegah hal buruk terjadi, Suzuki Motor Amerika mengeluarkan recall ini bersama dengan lembaga keselamatan berkendara Amerika (NHTSA). Recall ini diharapkan sudah mulai dilakukan sebelum bulan Desember 2016 ini berakhir. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com