Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Regulasi Ban Terbaru untuk MotoGP 2017

Kompas.com - 10/12/2016, 08:45 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Madrid, KompasOtomotif – Gelaran balap bergengsi dunia MotoGP akan memasuki musim baru di 2017. Selain transfer pebalap dan jadwal pelaksanaan, yang membuat beda dengan musim 2016 adalah dihilangkannya ban intermediate (ban menengah).

Mengutip Motorsport, Jumat (9/12/2016) dengan keputusan yang dibuat pihak penyelenggara MotoGP, membuat ban intermediate hanya digunakan satu musim saja di 2016.

Ban intermediate dibawa Michelin, saat kembali menjadi pemasok resmi ban di kejuaraan ini. Ban menengah ini digunakan dalam kondisi mixed (antara basah dan kering). Lalu dua ban lainnya yang diperkenalkan yaitu slick (jalan kering) dan wet/rain (trek basah).

Namun, pebalap sering berkomentar bahwa kecil kemungkinan untuk mengunakan ban jenis ini. Bahkan hampir tidak sama sekali, apalagi pada saat mengaplikasikan metode balap flag-to-flag

Karena itu, Michelin saat ini setuju untuk menyingkirkan ban intermediate di musim 2017, pasca pertemuan Komisi Grand Prix di Madrid. Sementara untuk ban kering dan basah juga ikut berubah, tapi spesifikasi tambahan barunya akan tersedia nanti. 

GP Terbaik 2016

Selain urusan ban, pihak penyelenggara MotoGP juga memilih Grand Prix Austria sebagai event terbaik musim 2016. Austria kembali ke kalender MotoGP tahun ini untuk pertama kalinya sejak tahun 1997, pada seri ke-10 di Agustus.

Pada seri tersebut, pembalap Ducati Andrea Iannone tampil sebagai sang juara, yang merupakan kemenangan perdananya di MotoGP 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com