Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Fungsi Sebenarnya “Headrest” di Mobil?

Kompas.com - 29/11/2016, 15:22 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Dalam keadaan darurat, bagian keras headrest alias sandaran kepala mungkin saja dipakai buat memecahkan kaca atau guna lainnya sebagai tempat monitor tambahan penunjang hiburan penumpang mobil. Akan tetapi, fungsi utama sandaran kepala jauh lebih penting daripada itu, yaitu menyangga leher dan kepala agar tidak cedera.

“Fungsi headrest sebenarnya menahan beban leher pada saat terjadi benturan,” jelas Anjar Rosjadi, Techncal Service Executive Coordinator ADM, akhir pekan lalu.

Saat terjadi kecelakaan, daya dorong ke belakang bisa mengakibatkan leher cedera jika jok tanpa sandaran kepala. Cedera pada leher akibatnya sangat fatal, bisa cacat seumur hidup atau meninggal seketika.

“Kalau tidak ada sandaran kepala tulang leher bisa patah, Itu dari sisi keamanan. Kalau dari kenyamanan tentu bisa untuk sandaran kepala,” kata Anjar.

Sandaran kepala berfungsi optimal bersama perlengkapan keselamatan inti lain di dalam mobil yakni sabuk pengaman. Menggunakan sabuk pengaman berarti memosisikan tubuh menempel sempurna pada jok termasuk bagian leher tepat di depan sandaran kepala. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com