Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Ambulans Versi Mercy Sprinter

Kompas.com - 20/11/2016, 08:01 WIB
Stanly Ravel

Penulis

 Nusa Dua, KompasOtomotif - Mercedes-Benz Sprinter bukan hanya bisa digunakan sebagai kendaraan penumpang saja, tapi juga dijadikan ambulans. Salah satu contoh seperti unit yang ditampilkan dalam gelaran Mercedes-Benz Vans Media Experience di Nusa Dua, Bali.

Dengan menggunakan Sprinter 315 CDI A2, van asal Jerman ini diubah menjadi kendaraan penunjang operasional rumah sakit. Kelapangan ruang kabinya dimanfaatkan sebagai ruang perawatan darurat, yang berisikan semua perlengkapan kedokteran.

Ralf Kraemer, Managing Commercial Vehicle Mercedes-Benz Distribution Indonesia, mengatakan, di beberapa negara Eropa Sprinter sudah dijadikan sebagai ambulans, sedangkan di Indonesia pihaknya masih dalam tahap penjajakan.

"Untuk di Indonesia sedang menjajaki kerja sama dengan beberapa rumah sakit dan pemerintah, potensinya sebagai kendaraan ambulans," ujar Ralf kepada wartawan di Nusa Dua, Bali, Kamis (17/11/2016).

Deputy Director Sales Opersation Bus and Vans Mercedes-Benz Distribution, Adri Budiman, menjelaskan, sebenarnya saat ini Sprinter sudah masuk daftar proses di Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP).

Stanly/KompasOtomotif Mercy Sprinter Ambulans

"Pemerintah pada prinsipnya menyiapkan lapangan untuk memasarkan karena memiliki LKPP. Line-up kita sudah terdaftar dan dalam proses register di LKPP," ucap Adri.

Sedangkan ketika ditanya apakah nanti hanya akan menjadi ambulans saja, ia menerangkan bahwa semua tergntung dengan program pemerintah. "Macam-macam, tergantung kebutuhan. Mereka (pemerintah) punya banyak program, ada kesehatan dan lainnya," kata Adri.

Adri menjelaskan, hal tersebut merupakan salah satu bentuk kelebihan Sprinter. Pilihan dimensi yang cukup beragam, Sprinter memiliki sifat fleksibel yang bisa digunakan sebagai kendaraan apapun sesuai kebutuhan.

Stanly/KompasOtomotif Mercy Sprinter Ambulans

Untuk model A2 sendiri merupakan unit terkecil Sprinter yang ada di Indonesia. Dimensi panjangnya mencapai 5.910 mm, lebar 1.994 mm, dan tinggi 2.790 mm, sedangkan untuk kapasitas tempat duduknya mencapai 14 penumpang dengan konfigurasi 12+1+1.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com