Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Mini Tempuh 21 Km dengan Dua Roda (Video)

Kompas.com - 07/11/2016, 12:43 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Nurburgring, KompasOtomotif - Rekor side wheelie atau mengendarai mobil dengan dua roda samping di lintasan sirkuit berhasil dipecahkan oleh pria asal China, Han Yue, di Nurburgring Nordschleife, Jerman, Kamis (3/11/2016). Menggunakan Mini Cooper, pria ini melakukan aksi side wheelie selama 45 menit dengan jarak 20,32 kilometer.

Meski melakukannya di sirkuit, namun bukan berarti mudah untuk lalui. Han harus menghadapi ragam karakter lintasan, mulai dari tikungan, tanjakan, dan turunan, bahkan ia sempat beberapa kali kewalahan mempertahankan posisi mobil ketika pada kecepatan tertentu mobil sudah bergetar.

"Setelah start saya mengalami getaran yang kuat, seperti ada masalah di ban belakang. Geteran ini terasa saat mobil berjalan di atas 20 kpj dan makin bertambah ketika gas lebih ditekan," ucap Han yang dikutip dari Bridgetogantry.com Sabtu (5/11/2016).

Mobil yang digunakan memang sudah tidak dalam kondisi standar. Ada beberapa ubahan guna mendukung aksinya. Paling signifikan terlihat dari roda yang sudah menggunakan offroad solid, serta beberapa aspek lain untuk membuat mobil ini bisa stabil ketika digunakan jalan dalam keadaan dua roda.

bridgetogantry.com Mini side wheelie

Meski berhasil memecahkan rekor, tapi aksi Han bukanlah yang tercepat dan terjauh. Untuk rekor tercepat diraih oleh Vesa Kivimaki dengan kecepatan 186.269 kpj beberapa bulan lalu, sedangkan jarak terjauh oleh Michele Pilia dengan jarak 372,06 km.

Meski demkian, kedua orang tersebut melakukannya dalam kondisi trek lurus dan datar, sedangkan Han beraksi di lintasan yang memiliki ragam karakter selama 45 menit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com