Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nostalgia dengan Citroen

Kompas.com - 13/09/2016, 10:22 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Paris, KompasOtomotif – Citroen pernah mengisi sejarah otomotif di Indonesia era 1980-an. Pasarnya tidak besar, tapi saat itu merek asal Perancis ini cukup populer dengan ciri khas separuh ban belakang tertutup bodi. Buat yang kangen dengan mobil-mobilnya, kini ada fasilitas untuk bernostalgia.

Perusahaan menciptakan website interaktif Citroen Origins untuk mengingatkan pecinta otomotif, bahwa merek ini sudah hadir selama 97 tahun. Semua mobil yang pernah diciptakan bisa ditengok, mulai dari yang paling tua Citroen Type A 1919 sampai paling baru Citroen C3 2016.

Memang, untuk saat ini hanya ada sekitar 50 model yang dipajang, namun Citroen berjanji, ”stok” akan ditambah seiring dengan berjalannya waktu.

Klik pada salah satu model dan sub-halaman, pengunjung bisa melihat mobil 360 derajat. Detail eksterior dan interior juga bisa diakses. Tak ketinggalan, foto detail, spesifikasi, bahkan sampai brosur pun masih bisa dilihat.

Menariknya, Citroen menambahkan suara-suara agar pengalaman mengunjungi web makin berkesan. Misalnya, suara tutup pintu sampai klakson. Lampu-lampu bisa dinyalakan, juga wiper (pembersih kaca). Masing-masing mobil diberi latar belakang musik menyesuaikan eranya.

Pengunjung web juga bisa mengeksplorasi sejarah Citroen seperti cerita sang penemu merek, Andre Citroen sampai evolusi logo. Sayang, website ini hanya berbahasa Perancis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com