Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelajah Dua Negara dengan Mercedes-Benz (Bagian 2)

Kompas.com - 10/09/2016, 14:15 WIB
Setyo Adi Nugroho

Penulis

Singapore, Kompas Otomotif – Setelah tiba di kota Melaka, Malaysia, rombongan Mercedes-Benz Urban Hunting x Ultra SIngapore 2016 melanjutkan perjalanan menuju perbatasan Malaysia dan Singapura di Tuas. Ini merupakan rute terakhir yang ditempuh untuk sampai di Singapura.

Setelah puas jadi penumpang, kini giliran KompasOtomotif mengambil alih kemudi di rute ini. Keluar dari kota Melaka cukup memakan waktu, karena adanya kemacetan akibat pembangunan jalan. Dalam kondisi macet, GLA 200 langsung mengaktifkan fitur auto start stop guna menghemat bahan bakar.

Berbeda dengan perjalanan pertama, sebagian besar rute ini  melalui jalan tol sampai mengarah ke Johor Bahru, 200 km dari Melaka. Kesempatan berada di jalur bebas hambatan tentu tidak disia-siakan untuk merasakan tenaga dari model kendaraan kompak Mercedes-Benz (MB) ini.

GLA 200 menghadirkan beberapa mode berkendara seperti Comfort, Sport, Individual, dan Eco. Masing-masing menawarkan rasa yang berbeda untuk disesuaikan dengan keingainan berkendara pengemudi.

Otomania/Setyo Adi Mercedes-Benz Urban Hunting x Ultra SIngapore

Tenaga Optimal

Pilihan paling menarik adalah mode Sport. Mode ini membuat putaran mesin mencapai titik puncak performa di tiap gigi transmisi sehingga tenaga yang dihasilkan paling optimal. Tekan pedal gas dalam-dalam dan raungan mesin 1.595 cc 4 segaris terdengar menyalak lebih kencang.

Di jalan tol antar negara bagian Malaysia, GLA mampu menembus kecepatan 170 kpj. Sayang, akibat cuaca hujan dan angin yang cukup kencang membuat dahaga untuk mencoba kemampuan mesin ini belum terpuaskan dengan baik.

Selama perjalanan, dukungan audio enam speaker dengan total output 100 watt yang tersebar di kabin memanjakan telinga. Pilihan hiburan juga dimudahkan dengan sambungan Bluetooth yang membuat pilihan lagu favorit di gadget pribadi bisa didengar di kabin.

Rombongan tiba di Tuas, perbatasan Malaysia dan Singapura. Setelah berurusan dengan pemeriksaan imigrasi, rombongan memasuki Singapura dan langsung mengarah ke hotel Ritz-Carlton Marina Bay Sand tempat menginap.

Perjalanan berakhir dengan tibanya rombongan di hotel. Total jarak tempuh dalam perjalanan ini adalah 426 km yang ditempuh selama sembilan jam.

Namun rangkaian acara Mercedes-Benz Urban Hunting x Ultra Singapore 2016 masih berlanjut. Rombongan akan menikmati rangkaian pertunjukan dari DJ terkenal di ranah music elektronik dunia selama dua hari yakni Sabtu dan Minggu (10-11/9/2016).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com