Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mercedes-AMG Rancang Penakluk Bugatti Chiron

Kompas.com - 01/08/2016, 08:02 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Stuttgart, KompasOtomotif – Selama satu dekade lalu jika Anda bertanya apa mobil paling kencang sedunia, maka jawabannya adalah Bugatti Veyron. Periode emas Veyron akan tetap abadi sebab manufaktur asal Prancis itu sudah membuat penerusnya, Chiron, dan kelakuan itu sepertinya tidak disukai Mercedes-Benz.

Digital Trends melaporkan Senin (27/7/2016), tim divisi motorsport Mercedes-Benz, AMG, diam-diam mengembangkan model tercepat dan terkuat yang pernah dibuat sepanjang sejarah perusahaan. Model kupe itu berlabel R50 dan semua tentangnya tidak bakal ditemukan pada anggota keluarga AMG lain, termasuk GT R yang sudah diperkenalkan Juni lalu.

Bugatti Bugatti Chiron, suksesor Bugatti Veyron sebagai mobil terkencang dan termewah di dunia.
Beda seperti Chiron yang murni mengandalkan pembakaran dalam dengan mesin W16 8.0L bertenaga 1.500 tk, R50 menyerupai hypercar lainnya dengan penggerak hibrida. Dikatakan R50 punya tenaga sampai 1.300 tk, itu menakjubkan karena  kemampuan segitu berasal dari mesin 4-silinder 2.0L, plus sepasang motor listrik.

Tenaga mesin 2.0L akan diseting 1.000 tk, masing-masing motor listrik bertenaga 150 tk yang menggerakan roda depan. R50 kemungkinan bisa bergerak hanya menggunakan roda depan saja untuk jarak dekat, jika dibutuhkan.

Kelebihan R50 dibanding Chiron, jika ditimbang hanya seberat 1.315 kg. Sedangkan Chiron walau bertenaga lebih besar, beratnya 1.995 kg.

Mengatur tenaga besar pada mobil seenteng itu bisa jadi sangat sulit, namun dikatakan kunci desain R50 ada pada sasis monokok serat karbon, sistem penggerak semua roda, dan suspensi adaptif.

Debut R50 akan terjadi tahun depan, berbarengan dengan perayaan 50 tahun AMG. R50 datang sebagai model terbatas dengan label harga mulai 2.2 juta dollar Amerika Serikat (Rp 28,8 miliar).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com