Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mercedes Batal Ajukan Banding Atas Penalti Rosberg

Kompas.com - 12/07/2016, 15:17 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Silverstone, KompasOtomotif – Saat stewards memutuskan menghukum penalti 10 poin buat Nico Rosberg, pihak tim Formula One (F1) Mercedes sempat ingin mengajukan banding. Namun usaha itu urung dilakukan. Keterangan resmi terbaru dari Mercedes menyatakan menerima keputusan itu.

Dampak penalti itu dianggap sangat merugikan karena Rosberg terpaksa turun ke podium tiga, padahal dia finis kedua di GP Inggris di belakang rekan setimnya Lewis Hamilton. Max Verstappen (Red Bull) yang finis ketiga dapat berkah sebab posisinya otomatis naik jadi juara kedua.

BEN STANSALL/AFP PHOTO Dua pebalap Mercedes, Nico Rosberg (kiri, Jerman) dan Lewis Hamilton (Inggris), berada di podium Sirkuit Silverstone, setelah menyelesaikan balapan GP Inggris, Minggu (10/7/2016). Hamilton finis di urutan pertama, sementara Rosberg kedua.
Gara-gara hukuman itu juga, poin Rosberg di klasemen pebalap musim ini semakin didekati Hamilton. Sekarang Rosberg masih memimpin namun tinggal beda satu poin.

Diberitakan Planet F1, Senin (11/7/2016), walau menyatakan menerima, Mercedes mengungkap mau terus berdiskusi dengan pemangku kepentingan F1 untuk membahas peraturan yang dirasa keluar batas.

Alasan penalti buat Rosberg yakni karena Mercedes dinilai “membantu pebalap” lewat radio komunikasi. Dalam percakapan yang terekam, Rosberg bilang ada masalah pada girboks kemudian Mercedes memberikan solusi untuk mengindari gigi ketujuh.

FIA sudah mengetatkan aturan tentang percakapan di radio sejak awal musim 2016. Tujuannya agar balapan tetap di genggaman pebalap bukan selalu tergantung keputusan tim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com