Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapa Bisa "Wheelie" di Atas 320 Kpj?

Kompas.com - 11/07/2016, 15:26 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

London, KompasOtomotif - Mengangkat dua roda depan sepeda motor saat berkendara (wheelie) dianggap jadi keahlian bikers yang pantas diapresiasi. Sudah lebih dari 20 tahun, World Wheelie Championship digelar di Inggris. Pada 2016 rencananya diselenggarakan pada 20 – 21 Agustus mendatang di landasan udara Elvington, di North Yorkshire.

Lomba yang diselenggarakan Straightliners ini punya satu tujuan, yaitu mencari kontestan yang bisa mengalahkan rekor Van Popta. Biker dari Belanda tersebut sanggup wheelie sejauh 1 km dengan kecepatan 320,9 kpj! Dia melakukannya pada 2014.

Rekor itu belum pecah sebab pada 2015, peserta tuan rumah, Gary Rothwell dari Liverpool. Saat itu wheelie yang menggunakan Suzuki Hayabusa hanya sampai 318,455 kpj. Rothwell juara saat itu tapi belum bisa mengklaim gelar Popta.

Popta yang kembali ikut pada 2015 hanya jadi juara kedua (315,118 kpj) sedangkan tempat ketiga diisi Paddy O’Sullivan dari Iralandia (305,489 kpj).

Bila dicermati semua juara mendapatkan hasil di atas 300 kpj, kecepatan itu mirip ketika sepeda motor MotoGP melaju kencang di trek lurus sirkuit. Tapi jika ingin seimbang Valentino Rossi dan kawan-kawan harus mengangkat ban depan terus-menerus.

Teknik berkendara hanya dengan ban belakang sulit untuk dilakukan, sebab peserta harus mencari titik keseimbangan agar ban depan tetap di udara seiring momentum kecepatan. Hal itu sangat sulit sebab titik keseimbangan sangat rentan ketika menembus 200 kpj.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com