Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Baru yang Siap "Menyapa" Pemudik hingga Brebes Timur

Kompas.com - 27/06/2016, 10:09 WIB

Tegal, KompasOtomotif - Pemerintah berupaya terus membangun fasilitas jalan terutama tol yang melewati kota-kota di Pulau Jawa. Jalur yang disebut jalur Trans Jawa ini terdiri dari tujuh ruas dengan total panjang mencapai 498,23 kilometer.

Menurut data Balai Besar Jalan Nasional (BBJN) III Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, akan ada 82,76 kilometer jalan tol baru yang dapat digunakan saat mudik Lebaran 2016.

Kompas.com membentuk tim Merapah (jelajah) Trans Jawa (MTJ) untuk menyusuri jalur baru tersebut dan menginformasikan kondisi terkini beberapa ruas tol yang bakal dilewati.

KOMPAS.com/HILDA ALEXANDER Ruas Tol Cikopo-Palimanan arah Jakarta diberi penanda perbaikan jalan. Foto diambil pada Sabtu (25/6/2016).
Lurus

Dari Jakarta menuju pintu masuk Jawa Tengah hingga Brebes Timur, pemudik akan menemui jalan tol dengan karakter jalur lurus, dan konstan tanpa tikungan tajam. Beberapa ruas jalan tol masih minim lampu penerangan dan butuh kewaspadaan bagi yang melintas di malam hari.

Selain itu pembayaran terintegrasi di gerbang tol pada beberapa ruas dari Cikarang utama, Cikampek hingga Brebes Timur. Ini akan menyederhanakan pembayaran di pintu keluar masing-masing gerbang tol.

Pantauan MTJ, sistem berpotensi membuat penumpukan kendaraan dan kemacetan di tiap gerbang tol. Hal tersebut dikarenakan proses pembayaran cukup lama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com