Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Posisi NAV1 Digusur Innova Baru

Kompas.com - 07/12/2015, 17:27 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Denpasar, KompasOtomotif – Dibanding generasi sebelumnya, harga terendah All-New Innova naik sekitar Rp 5 juta namun kehadiran varian baru, Q, melambungkan harga tertingginya menjadi Rp 423,8 juta. Rentang harga Innova baru jelas-jelas meniban model MPV lain, NAV1, yang dijual Rp 396,35 juta – Rp 415,7 juta.

Buat konsumen dengan kemampuan beli NAV1 sekarang juga ditawarkan All-New Innova. Dua pilihan biasanya lebih baik buat konsumen karena punya pembanding, tapi belum tentu buat penjual. Indikasinya NAV1 dan Innova bergesekan, tapi kenapa dibiarkan saling gerus?

Bagja Pratama Jajal singkat Toyota All-New Kijang Innova di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat.
Rahmat Samulo, Direktur Pemasaran Toyota Astra Motor menjelaskan, kedatangan Innova tipe Q berdasarkan permintaan konsumen. Dari hasil survei di lapangan mengungkap ada bagian konsumen yang mau membeli Innova lebih mewah.

“Saya melihatnya engga (NAV1 dan Innova bergesekan) karena beda segmen,” papar Samulo di Bali, Jumat (5/12/2015). Meski begitu ia mengatakan pembeda paling signifikan hanya dari jenis bodi karena NAV1 lebih mengotak dan punya pintu geser.

Pasar mengecil

Samulo mengatakan, bukan hanya penjualan NAV1 yang mengecil tapi kompetitor di segmen yang sama juga demikian. Kondisinya makin berat karena total pasar nasional tahun ini juga kurang bergairah.

Bersaing atau tidak dengan Innova, penjualan NAV1 semakin menciut. Tahun ini, dalam periode 10 bulan (Januari – Oktober), hanya terhitung ada 493 unit menurut data wholesale asosiasi kendaraan bermotor Indonesia, Gaikindo.

Sejak dijual mulai Desember 2012, pasokan NAV1 disuplai dari pabrik PT Sugity Creatives di Bekasi, Jawa Barat. Volume produksi terus berkurang, kabar terakhir hanya 100 unit per bulan.

Di Jepang, NAV1 punya nama asli Noah. Namun Toyota Indonesia memutuskan menjualnya dengan nama lain karena mirip dengan nama nabi.

Di Indonesia NAV1 hanya sekali mendapat penyegaran, yakni pada 2014. Padahal pada tahun yang sama, Noah sudah masuk siklus All-New di Jepang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com