Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha R6 Terbaru Meluncur Tahun Ini?

Kompas.com - 24/05/2016, 08:27 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Iwata, KompasOtomotif – Keluarga besar Iwata atau Yamaha Motor Corporation Jepang, kabarnya berencana membenahi segmen supersport mereka. Rumor pertama datang dari Jepang, di mana majalah Young Machine, seperti dikutip  Autoevolution.com, Senin (23/5/2016), menerbitkan gambar yang diyakini sebagai generasi terbaru Yamaha R6.

Beberapa hal yang tertulis di majalah tersebut mungkin benar, tetapi terkait dengan desain yang masih mengacu pada model YZF-R1, nampaknya kurang tepat. Karena, memiliki dua sepeda motor dengan desain yang sama, merupakan sesuatu yang membosankan.

Namun, yang terpenting sekarang, adalah kenyataan bahwa R6 tidak melewatkan satu tahun lebih tanpa penyegaran. Pastinya, Yamaha diharapkan merancang R6 berbeda dengan R1.

Beberapa kabar yang beredar juga menyebutkan, kalau Yamaha masih senang untuk tetap bermain di segmen 600cc, dibanding dengan kubikasi yang lebih besar.

Sampai saat ini, masih belum ada berita lebih lanjut mengenai mesin. Namun diprediksi YZF-R6 akan datang dengan perbaikan banyak, pada sitem elektronik, seperti misalnya multi-level traction control, ABS dan suspensi optional semi-active.

Segmen supersport memang tidak begitu bergerak terlalu baik pada skala global, tapi setidaknya segmen ini tidak mati. Harga OTR Jakarta YZF-R6 sebesar Rp 270.000.000, mengacu pada website resmi Agen Tunggal Pemegang Merek Yamaha di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com