Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Suspensi Ohlins Nyaman untuk Harian?

Kompas.com - 28/04/2016, 10:02 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Suspensi Ohlins pada umumnya digunakan oleh sepeda motor di ajang balap, termasuk MotoGP. Namun, sekarang terutama di Indonesia, sudah banyak pengguna motor menggunakannya untuk kebutuhan berkendara harian.

Lantas, pertanyaannya apakah suspensi aftermarket ternama itu masih bisa memberikan kenyamanan meski digunakan harian?

“Pengalaman Ohlins yang masuk ke 40 tahun sudah meriset segala keperluan di berbagai jenis kendaraan. Sehingga, meski digunakan harian tetap nyaman,” kata Rully Adam Mangapul, General Manager PT Sena Autoparts Indonesia saat dihubungi KompasOtomotif, Rabu (27/4/2016) sore.

Menurut pria plontos itu, setiap suspensi Ohlins memiliki pengaturan preload compression dan rebound. Fungsi keduannya, dimana pengguna dapat mengatur keras lembut ayunan, sehingga tidak mentok bagian dasar suspensi. Sebab, kondisi itu bisa menyebabkan kerusakan pada karet peredam.

“Itu yang menjadi kunci kenyamanan, stabilitas dan performa dari suspensi Ohlins. Penggunannya bisa mengatur sesuai dengan selera dan kebutuhan saat berkendara,” ujar Rully.

dok. Sena Autopart Indonesia Suspensi Ohlins

Keuntungan

Bagi sejumlah orang, lanjut Rully, memiliki Ohlins adalah suatu kebanggaan. Selain harganya mahal, reputasi di ajang balapan sudah sangat tinggi, apalagi seluruh tim di MotoGP menggunakannya.

"Dulu tim-tim WRC juaranya juga menggunakan Ohlins dan paling penting adalah garansi tiga tahun. Kalau merek lain rusak dibuang, kalau kita bisa digunakan seumur hidup," kata Rully.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com