Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencinta Grand Livina Masih Mendominasi

Kompas.com - 25/04/2016, 13:29 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - PT Nissan Motor Indonesia (NMI) yang ikut dalam Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 lalu sukses mendapatkan SPK 490 unit kendaraan selama 11 hari pameran. Angka tersebut murni penjualan dari Nissan, tidak di gabung dengan angka penjualan Datsun.

General Manager Marketing Strategy NMI, Budi Nur Mukmin, mengatakan dari jumlah SPK 490 unit, angka tertinggi didominasi oleh Grand Livina dan X-Trail. Keduanya berhasil mencatat SPK di atas 100 unit.

"Total untuk Nissan 490 SPK selama IIMS kemarin. Paling banyak peminatnya itu Grand Livina dengan 168 unit dan X-Trail 131 unit," ucap Budi kapada KompasOtomotif di Jakarta, Minggu (24/4/2016).

Menurutnya hal ini sesuai dengan tren pasar yang saat ini memang masih dipegang oleh kendaraan jenis MPV dan SUV. Meski demikian, produk Nissan lain juga turut mendapat respons positif, bahkan untuk produk yang tidak ikut di pajang dalam pameran sekalipun.

"Untuk produk lain juga tetap ada SPK, Nissan March itu SPK 80 unit, Evalia 24 unit, Serena 56 unit, Teana dan Elgrand lima unit, Juke 17 unit, dan Navara itu ada empat unit," ujar Budi.

Febri Ardani/KompasOtomotif Nissan X-Trail dengan bodi kit Impul dipamerkan di stan Nissan di IIMS 2016.

Target GIIAS

Setelah IIMS, ada satu pemeran besar lainnya, yakni Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang akan berlangsung pada bulan Agustus 2016. Meski tanpa produk baru, Nissan yakin penjualan bisa sama dengan tahun lalu, bahkan lebih dikarenakan acara pameran yang terpisah.  

"Kalau bicara untuk target sampai saat ini kami belum ada set tertentu, paling tidak penjualan bisa sama dengan tahun lalu, tapi bila lihat situasi saat ini dengan pameran yang terpisah harusnya bisa lebih besar. Tahun lau kami jualan di GIIAS angkanya kalau tidak salah itu 500 lebih, sedangkan IIMS 400 sekian, total kalau digabungkan mencapai 900 lebih, kita lihat perbandingannya dengan tahun ini nanti," ucap Budi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com