Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mekanik Volvo Indonesia Terbukti Andal

Kompas.com - 08/04/2016, 11:08 WIB
Erwin Hutapea

Penulis

BANGKOK, KOMPAS.com – Perhelatan Volvo International Service and Training Award (VISTA) 2016 untuk wilayah Asia Pasifik berakhir. Pada acara pengumuman pemenang ajang kompetisi mekanik truk Volvo ini, dewan juri menyatakan bahwa tim Red Borneo (PT Ekadharma Jaya Sakti) dariIndonesia sebagai juara dan berhak maju ke babak final dunia bersama lima tim pemenang lainnya.

“Saya ucapkan selamat kepada para pemenang. Rasanya sangat bangga memiliki rekan kerja seperti Anda yang berpartisipasi dalam kompetisi ini dan dalam pekerjaan sehari-harinya memberi perhatian kepada konsumen,” kata Presiden Direktur Volvo Trucks Asia Pasifik Jacques Michel.

Tidak mudah bagi tim Indonesia untuk menjadi pemegang peringkat pertama ini karena harus bersaing dengan sejumlah tim jagoan dari negara lain, antara lain Australia, Selandia Baru, dan Korea. Ini merupakan perolehan tertinggi untuk wilayah Asia Pasifik bagi tim Indonesia dalam partisipasinya pada penyelenggaraan VISTA sebelumnya. Hal ini membuktikan bahwa kemampuan mekanik truk Volvo Indonesia layak diperhitungkan di tingkat internasional.

“Kami sudah mengalami ini berulang kali, kami yakin bisa mengatasinya. Yang penting yaitu memotivasi tim saat kompetisi biar enggak stuck. Kemudian, time management dan team work karena biasanya di station 1 jelek, tetapi di station berikutnya bagus. Kompetisi ini tidak hanya melihat hasil, tetapi prosedur yang dilakukan. Kami yakin dengan prosedur yang benar dan kompetensi yang kami punya pasti kami bisa,” ucap Ali Rachman, Head of Competence Development Volvo Trucks Indonesia, seusai acara pengumuman pemenang VISTA 2016, Kamis (7/4/2016) malam di Bangkok, Thailand.

Berikut ini urutan lengkap tim pemenang VISTA 2016 sebagai berikut:

  1. Red Borneo, Indonesia
  2. Barra’s, Australia
  3. Jungli 9, Taiwan
  4. Chullora Blues, Australia
  5. Wuhan Kaili, China
  6. Royal Challengers, Singapura 

Dalam kompetisi ini, tim peserta harus menjalankan instruksi yang terbagi di dalam enam station, antara lain soal sistem rem, mesin, dan transmisi. Setiap tim memasuki station tersebut secara bergantian dan menjalankan tugas yang disampaikan oleh panitia penyelenggara.

Adapun mengenai persiapan untuk menghadapi persaingan pada babak final dunia, tim Indonesia akan menyiapkan diri dengan membuat kompetisi internal yang sesuai dengan standar VISTA.

“Kami akan fokus ke teknologi yang belum ada di Indonesia dengan belajar dari orang yang berpengalaman untuk sharing knowledge. Kami akan persiapkan dengan membuat kompetisi semirip mungkin dengan sistem station itu,” ujar Ali Rachman.

Bersamaan dengan VISTA Asia Pasifik ini, final wilayah lainnya juga diadakan di Curitiba, Gothenburg, dan Greensboro. Sebanyak 32 tim yang lolos berhak maju ke babak final dunia dan nantinya akan digelar di pusat pelatihan global Volvo Trucks di Gothenburg, Swedia, pada 31 Mei 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com