Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Indonesia Belum "Pede" Jualan Ertiga Diesel

Kompas.com - 29/03/2016, 08:02 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengaku masih belum pede menjual mobil bermesin diesel di Indonesia. Namun, bukan berarti suatu saat nanti Suzuki akan menjual mobil "peminum" Solar itu, salah satunya adalah opsi menambah varian Ertiga diesel.

Dari informasi yang diperoleh KompasOtomotif, Suzuki sudah memboyong Ertiga diesel ke Indonesia dari India,muntuk dipelajari.

Pihak SIS mengaku, salah satu alasan utama belum adanya model bermesin diesel di Indonesia, karena kualitas Solar yang tidak merata. Apalagi, mesin-mesin diesel yang digunakan Suzuki diklaim canggih, mengadopsi teknologi common rail.

Sebab, mesin dengan spesifikasi tersebut sudah jelas tidak dianjurkan mengonsumsi solar (biasa). Meski sudah dipelajari mulai akhir 2014, rupanya Suzuki belum menyerah, karena sampai saat ini mengaku masih terus mempelajari kualitas solar di Indonesia.

Jika dirasa cetane number dan kandungan sulfur sudah memenuhi standar, maka Ertiga diesel siap diluncurkan.

“Kita masih studi. Bukan hanya mengenai kualitas solar, tapi banyak hal lain yang harus kita pelajari juga sebelum mobilnya dijual,” ungkap Donny Saputra, Direktur Pemasaran PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) kepada KompasOtomotif, Senin (28/3/2016).

Lantas, dengan adanya Dexlite yang akan meluncur bulan depan bisa menambah keyakinan Suzuki dalam meluncurkan Ertiga diesel?

“Kalau bicara kaulitas solar banyak faktornya. Saya belum bisa bicara banyak soal Dexlite karena belum tahu juga spesifikasinya seperti apa. Mungkin kalau sudah mulai dijual baru bisa bicara banyak,” ujar Donny.

Saat ini, Ertiga diesel baru dipasarkan Suzuki di India. LMPV itu mengendong mesin diesel turbo 1.3-liter pasokan dari Fiat. Jika dijual di Indonesia, kemungkinan akan menggunakan mesin sama, karena tahap pertama unitnya impor utuh Completely Built-up (CBU) dari India.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com