Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Kepresidenan Terbaru Mercy Kini Anti-peluru Kendali

Kompas.com - 23/02/2016, 08:02 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Stuttgart, KompasOtomotif — Mercedes-Maybach meningkatkan kemampuan S600 Guard demi menjaga keselamatan penumpang dengan sertifikat VR10 untuk perlindungan balistik dari Ballistics Authority di Ulm, Jerman. Artinya, sedan mewah yang kerap jadi andalan petinggi negara, termasuk Presiden Joko Widodo (Jokowi), ini tahan peluru kendali atau senjata apa pun sejenisnya.

Mercedes memperkenalkan S600 Guard terbaru ini pada Senin (22/2/2016) sebagai mobil pertama di dunia dengan label VR10. Status ini menjadikannya mobil teraman di seluruh dunia. Tampilan fisiknya tidak beda dari S600 standar, level tinggi perlindungan tersembunyi di balik bodi.

S600 Guard juga dibekali kaca anti-peluru senjata serbu. Kaca dibuat dari bahan aramid (serat sintetis) dan komponen polyethylene (plastik) serta dilapisi polycarbonate yang tahan lontaran serpihan. Bukan cuma itu, kaca juga menawarkan perlindungan dari peledak, tetapi tetap menawarkan visibilitas bagi penumpang.

Worldcarfans Rangka Mercedes-Benz S600 Guard dirancang untuk mengatasi ancaman dari segala sisi termasuk kolong mobil.
Mercedes menjelaskan, S600 Guard tahan ledakan dari samping dan bagian kolong. Rangka mobil dirancang khusus menghadapi ancaman dari segala sisi. Selain bersertifikat VR10, perlu diingat bahwa S600 Guard juga mendapat Explosive Resistant Vehicle (ERV) 2010.

Di Indonesia, S600 Guard digunakan Jokowi sebagai mobil kepresidenan sejak 2014. Unit yang melindungi orang nomor satu di Tanah Air ini diproduksi pada 2008. Mungkin sudah saatnya Presiden Jokowi menggunakan S600 Guard edisi terbaru yang lebih tahan banting. Harga selangit rasanya bukan masalah bila digunakan untuk melindungi sosok lambang negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com