Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekor Buruk AS soal "Recall"

Kompas.com - 22/01/2016, 10:41 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Washington, KompasOtomotif – Lembaga keselamatan berkendara AS, National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), berhasil menciptakan rekor baru dalam hal kampanye perbaikan massal (recall) kendaraan bermotor.

Pada 2015, total yang ditarik kembali untuk diperbaiki sebanyak 51 juta unit yang berasal dari 900 kampanye produsen. Sementara pada 2014, AS sudah mencetak rekor dengan angka di bawah 51 juta unit. Sebagian besar recall karena masalah kantong udara yang diproduksi perusahaan komponen Takata.

Mark Rosekind, Administrator NHTSA, mengatakan, rekor tidak bagus ini perlu direm dan butuh banyak aksi dari para manufaktur sekaligus NHTSA. Selama 13 bulan menjabat, Rosekind telah mengembangkan sistem recall dan kemampuan deteksi masalah lebih cepat.

Terobosan baru lainnya membuat kesepakatan dengan 18 perusahaan otomotif untuk peningkatan penanggulangan recall sebagai salah satu prinsip keselamatan.

“Penarikan besar masih fitur yang menonjol pada lanskap keamanan,” kata Rosekind, seperti ditulis Automotive News, Kamis (21/1/2016).

Sadar akan bahaya recall, NHTSA berencana meluncurkan kampanye digital bertajuk “Safe Cars Save Lives” untuk meningkatkan kesadaran masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com