Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Isuzu Tunjuk Indonesia Sebagai Basis Produksi Negara Berkembang

Kompas.com - 19/01/2016, 09:02 WIB
Stanly Ravel

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif - PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) resmi ditunjuk sebagai negara pengembangan bisnis Isuzu di dunia. Hal ini terkait dengan berjalannya empat global proyek Isuzu Jepang untuk 2016 yang mengandeng tiga negara lain, yakni Thailand, China, dan India.

Isuzu Jepang akan menjadikan Indonesia sebagai basis produksi kendaraan komersial bagi negara-negara berkembang yang memiliki regulasi emisi EURO II. Tentunya ini akan memanfaatkan pabrik baru Isuzu Karawang Plant yang baru diresmikan pada juli 2015 lalu.

"Indonesia menjadi salah satu negara yang di fokuskan untuk pengembangan bisnis Isuzu. Dalam hal ini memproduksi kendaraan truk kelas ringan dan menengah sesuai peruntukan pabrik baru di Karawang," ucap Vice President Director Isuzu Keiji Takeda, dalam acara media gathering di Jakarta, Senin (18/1/2016).

Menurutnya, bisnis Isuzu di dunia telah dibagi menjadi tiga basis produksi. Isuzu Jepang sebagai negara yang memproduksi kendaraan komersial negara berkembang dengan regulasi EURO III ke atas, Thailand sebagai kendaraan komersial Isuzu seperti mu-X dan D-max, dan Indonesia sendiri kendaraan komersial EURO II.

Untuk pabrik Isuzu di Karawang saat ini digunakan untuk memproduksi Isuzu Elf dan GIGA. Pabrik ini memiliki luas sebesar 300.000 meter persegi, dengan kapasitas produksi 52.000 per tahun, dan mampu dikembangkan hingga menjadi 80.000 per tahunnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com