Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sirkuit Balap Indonesia Tanpa Standar Internasional

Kompas.com - 20/11/2015, 08:01 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif
– Dari total 15 sirkuit balap yang ada di seluruh Indonesia, belum ada satupun yang memenuhi standar internasional. Balapan yang cocok diselenggarakan cuma sekelas sepeda motor jenis underbone alias bebek.

“Sirkuit yang ada belum cocok untuk balapan motor sport (berkapasitas besar),” kata Wakil Ketua Umum IMI Sadikin Aksa di Arcadia, Senayan, Jakarta Selatan, Rabu lalu (18/11/2015).

Ke depan, IMI sebagai payung dunia balap di Indonesia akan berusaha menyediakan atau mengoptimalkan sirkuit yang ada agar bisa digunakan untuk menggelar balapan motor besar berkapasitas mesin 150 cc.

“Tidak usah yang macam-macam, tapi cocok untuk balapan motor sport dan tingkat safety-nya sudah tinggi,” kata Sadikin.

Dengan menjamurkan ajang balap sepeda motor sport, otomatis menjadi pengisi rantai yang selama ini hilang dalam hal pembibitan pebalap nasional. Seorang pebalap membutuhkan jam terbang tinggi sejak dini. Dengan memanfaatkan sepeda motor yang ideal (jenis sport), maka akan lebih mudah beradaptasi ke kelas di atasnya, ketimbang bebek yang didesan bukan untuk balap.

“Kalau untuk underbone, saya sudah ketemu sama kepala mekanik Honda dan Yamaha. Kata mereka balapan motor underbone terbaik di dunia itu ada di Indonesia,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com