Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembuktian Langsung Keiritan BBM Grand New Veloz

Kompas.com - 12/10/2015, 17:17 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif – Berbekal mesin dual VVT-i, Grand New Avanza dan Veloz terbukti irit dalam pemakaian bahan bakar minyak (BBM). Sudah banyak pengguna mobil dengan kapasitas tujuh penumpang ini yang merasakan keiritannya. Salah satunya Justa Ratibi (43). Pengusaha rumah makan khas Manado itu mengaku makin merasa jarang isi bensin setelah memakai Grand New Veloz.

Wanita yang akrab disapa Nita itu menjelaskan, keiritan Grand New Veloz sudah dibuktikannya langsung ketika berkendara dari kawasan Jati Asih, Bekasi menuju ke Bogor, Jawa Barat, pulang-pergi. Perjalanan yang memiliki jarak kurang lebih 40 km itu, hanya menghabiskan satu bar BBM.

“Saya sebelum berangkat mengisi BBM penuh dengan menggunakan Pertamax. Dari Jati Asih ke Bogor dan balik lagi di indikator bensin hanya berkurang satu bar. Itu sangat irit jika dibandingkan model sebelumya yang menghabiskan dua hingga tiga bar,” kata Nita kepada KompasOtomotif beberapa waktu lalu di Jakarta Selatan.

Selama di perjalanan menuju Bogor dan Jati Asih, kondisi jalannya lanjut wanita yang memiliki dua anak ini sangat beragam, mulai dari jalan lancar hingga macet dibeberapa titik. Saat tidak macet, dia bisa memacu Grand New Veloz bertransmisi matik dengan kecepatan 80 kpj sampai 100 kpj.

Tak hanya itu, Nita pernah membuktikannya ke daerah lain yakni dari Jati Asih ke Cibitung. Bahan bakarnya diisi penuh dan setelah pulang dari Cibitung ke Jati Asih, di indikator bensin sama sekali tidak terjadi penurunan.

Febri Ardani/KompasOtomotif Mesin 1.5L Grand New Avanza.

Toyota Grand New Veloz kini dibekali mesin tipe 2NR-FE Dual VVT-I yang memiliki kapasitas 1.496 cc. Iritnya konsumsi BBM Veloz terbaru ini juga berkat modernisasi bukaan katup (dual VVT-i).

Perbedaan dengan model lainnya seperti penggunaan busi iridium, pengaturan bukaan gas elektronik drive by wire, sensor detonasi (knock sensor) lebih canggih, dan kini terdapat delapan lubang di tiap injektor agar semprotan bensin lebih halus. (ADV)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com