Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skandal Diesel VW Jadi Bahan Lelucon Halloween

Kompas.com - 06/10/2015, 11:56 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Hollywood, KompasOtomotif - Skandal uji emisi Volkswagen di Amerika Serikat (AS) alias “dieselgate” mengilhami rancangan kostum buat perayaan malam 31 Oktober, Halloween. Kreasi baru ini diperkenalkan Halloweencustumes.com sebagai usaha mencari ide-ide baru setiap tahun.

Dieselgate dianggap menodai kepercayaan konsumen, dampaknya sudah meluas di AS. Kekecewaan masyarakat banyak diungkap dari budaya.modern, misalnya berupa  sindiran di internet, jadi bahan lelucon di acara televisi, dan kostum Halloween adalah salah satu bentuk barunya.

Kostum ini namanya DIY (do it yourself) Volkswagen Diesel Scandal Costume. Terdiri dari masker anti gas beracun, tabung bahan bakar, dan aksesori asap hitam seperti gas knalpot mesin diesel. Menariknya, kostum ini bisa dibuat sendiri, Halloweencustumes.com menjelaskan berbagai trik pembuatannya.

“Saya pecinta mobil dan pengemudi Passat sebelum rusak, jadi sebenarnya saya tidak pernah mau mengangkat skandal Volkswagen. Saya sebenarnya suka merek itu. Tapi saya juga pecinta lingkungan dan manager marketing buat perusahaan Halloween. Jadi ini adil, hanya melakukan pekerjaan saya,” ujar desainer kostum Marlon Heimerl, seperti dilansir Autoblog, Senin (5/10/2015).

Troy Eaves, Vice President Halloween mengatakan cerita tentang skandal selalu menemukan cara berada di atas dalam daftar pembuatan kostum setiap tahunnya. “Tapi yang satu ini skalanya besar, melibatkan jutaaan konsumen, dan kerusakannya tidak bisa diperbaiki. Ini mendorong pembuatan kostum hebat buat industri Halloween,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com