Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Cerai" dari VW, Suzuki Jual Saham 1,5 Persen ke Porsche

Kompas.com - 28/09/2015, 16:04 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Tokyo, KompasOtomotif – Perselisihan antara Suzuki Motor Corporation dengan Volkswagen (VW) sudah berakhir. Suzuki berhasil mendapatkan kembali 19,9 persen sahamnya dari VW. Kali ini, produsen otomotif asal Jepang itu menjual 1,5 persen saham Volkswagen kepada Porsche Automobili Holding SE.

Saham sebesar 1,5 persen itu seperti diberitakan reuters, Senin (28/9/2015) terdiri dari 4.397.000 lembar dan proses transaksinya akan dilakukan mulai 30 September atau saat transfer pembukuan Porsche. Nilainya mencapai 36,7 miliar yen.

Setelah proses transfer selesai dilakukan, maka kepemilikan saham VW oleh Porsche meningkat menjadi 52,2 persen. Sebelumya, Suzuki menggelontorkan dana US$ 3,9 miliar atau setara dengan Rp 56,4 triliun untuk membeli sahamnya kembali (buy back) dari VW.

Belum dijelaskan apa yang akan dilakukan oleh kedua produsen otomtoif ini. Suzuki dan Porsche bisa saja bekerjasam tukar teknologi seperti dalam perjanjiannya dengan VW beberapa tahun lalu. Tapi karena perselisihan, transfer teknologi itu pun tidak dilakukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com