Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Penyebab Stoner Jatuh dan Cedera di Suzuka

Kompas.com - 30/07/2015, 10:30 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Crash,HRC

Suzuka, KompasOtomotif – Penyebab jatuhnya Casey Stoner dalam balap ketahanan Suzuka 8 Hours di Sirkuit Suzuka, Jepang, Minggu (26/7/2015) semakin jelas. Honda Racing Corporation (HRC) memastikan bahwa penyebab utama yang menyebabkan juara dunia MotoGP 2 kali itu terpelanting adalah masalah throttle (bukaan gas).

HRC pun memberikan pernyataan maaf secara resmi kepada Casey Stoner yang dilansir pada website, dan mengatakan telah menemukan detail penyebab kecelakaan setelah melalui proses analisis tim.

Dijelaskan bahwa throttle yang digunakan tidak memenuhi spesifikasi khusus untuk balap ketahanan, dan berbeda dari throttle standar yang dipakai pada Honda CBR1000RR versi jalanan. Alhasil, di tengah lomba malfungsi komponen ini tak dapat dihindari.

26 derajat

Pada pernyataan lain dijelaskan, beberapa jam setelah kejadian HRC mengecek berdasarkan data yang terekam pada komputer, bahwa throttle membuka dengan sendirinya 26 derajat. Ini yang membuat Stoner tak bisa mengendalikan kecepatan di tikungan dan terempas.

”Di tikungan sebelum jatuh, saya tidak punya waktu lagi menarik tuas kopling, sehingga saya harus jatuh dengan kecepatan berlebih. Saya mencoba menegakkan sepeda motor agar kecepatan berkurang, tapi sudah hampir menabrak dinding. Lalu saya putuskan untuk melepas sepeda motor dan membenturkan pada pembatas, ternyata lebih keras dari yang terlihat sehingga saya cedera,” kata Stoner.

HRC masih menyelidiki mengapa throttle membuka dengan sendirinya, dan mengirim sepeda motor ke markas HRC. Yang jelas, masalah ini belum pernah terjadi sebelumnya dan HRC akan berhenti menggunakan throttle dengan spesifikasi tersebut. Jenis baru akan dibuat yang dikatakan bakal lebih cocok untuk balap ketahanan.

Pupus harapan

Stoner membela tim Musashi RT Harc-Pro bersama Takumi Takahashi dan Michael van der Mark. Stoner yang turun sebagai pebalap kedua terjatuh ketika memimpin balapan yang memasuki jam kedua. Alhasil, harapan tim menyabet kemenangan tiga kali beruntun pupus.

Balapan dimenangi Yamaha Factory Racing Team yang diperkuat dua pebalap MotoGP, Bradley Smith dan Pol Espargaro, serta Katsuyuki Nakasuga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Crash,HRC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com