Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Audi Rancang Kendaraan Khusus di Bulan

Kompas.com - 29/06/2015, 03:42 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Ingolstadt, KompasOtomotif - Audi bekerja sama dengan tim insinyur dan ilmuwan Jerman, Part-Time Scientists, merancang kendaraan tanpa awak yang akan bekerja di bulan. Kendaraan itu disebut Lunar Quattro, prototipenya kini sedang menjalani serangkaian tes di Eropa.

Sistem gerak all-wheel drive Quattro milik Audi akan jadi pondasi kendaraan, teknologi ini telah digunakan pada berbagai model mulai dari sedan A3 hingga supercar R8. Kini Audi mengembangkannya lebih jauh, Lunar Quattro wajib bisa menangani segala masalah di permukaan bulan.

Kendaraan digerakan oleh motor listrik yang mendapatkan tenaga dari paket baterai lithium-ion. Suplai tenaga untuk baterai didapat dari panel surya yang mengumpulkan energi matahari.

Gravitasi bulan lebih rendah dari bumi sebab itu struktur bodi dibuat dari alumunium agar menjagaya punya bobot ideal. Lunar Quattro hanya bisa berakselerasi 2,2 mph (3,5 kpj/satu meter per detik), Audi mengatakan itu sudah cukup untuk menjelajah di satelit bumi.

Pengembangan Lunar Quattro dilakukan sebagai bagian dari kompetisi Lunar XPRIZE yang diselenggarakan Google pada 2007. Ada hadiah 30 juta dollar AS buat siapa saja yang pertama membuat kendaraan yang bisa menjelajah 500 m di permukaan bulan. Selain itu kendaraan juga harus bisa mengirimkan data rekam ke bumi untuk pengetahuan.

Meski Lunar Quattro mengenakan emblem Audi, Part-Time Scientists sebagai pengembang utama. Lunar Quattro dijadwalkan terbang pada 2017 dan mendarat di bagian utara ekuator bulan dekat lokasi pendaratan Apollo 17, misi terakhir menerbangkan manusia ke bulan pada 1972.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com