Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stok Chevrolet Spin “Aman” Sampai Akhir Tahun

Kompas.com - 23/06/2015, 11:47 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Pihak General Motors (GM) Indonesia mengatakan pasokan MPV Chevrolet Spin produksi Indonesia masih “aman” untuk memenuhi permintaan domestik hingga akhir tahun 2015. Saat ini pabrik di Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat, disebut masih menyiapkan kuota unit sebelum berhenti beraktivitas pada akhir Juni.

“Kami akan berusaha tetap menyediakan Spin, sesuai dengan yang customer inginkan, sebatas kemampuan kami,” ujar Direktur Marketing GM Indonesia Meilita Iskandar di Jakarta, Senin (22/6/2015).

Sama seperti sebelumnya, GM Indonesia tak mau terbuka tentang pabrik. Berapa jumlah unit Spin yang telah disiapkan untuk enam bulan ke depan tidak mau diungkap termasuk antisipasi volume pasokan ekspor.

Menurut data Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), pada 2013 lalu wholesales Spin mencapai 10.941 unit, berarti setidaknya produksi di pabrik berkapasitas 40.000 unit per tahun itu mencapai angka tersebut. Distribusi pabrik ke diler menurun menjadi 7.475 unit pada 2014, kemudian drop drastis pada 2015. Selama lima bulan 2015, cuma tercatat ada 1.622 unit Spin, itu berarti penjualannya 324 unit sebulan.

Kehilangan pabrik sudah jadi kerugian besar dan sepertinya GM Indonesia sudah siap kehilangan Spin yang selama ini menjadi model penyumbang penjualan tertinggi. Strategi baru telah ditetapkan, GM Indonesia akan mencoba masuk ke segmen SUB-B dengan produk baru. Kemungkinan model itu crossover Trax, pasokan unitnya diambil dari Korea Selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com