Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Hasil Uji Tabrak All-New Mazda2?

Kompas.com - 23/04/2015, 07:40 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Brussels, KompasOtomotif – Setelah dipasarkan dalam dua bulan terakhir di Eropa, Euro NCAP mengumumkan hasil uji tabrak All-New Mazda2. Model hatchback yang sudah berteknologi Skyactiv ini berhasil meraih empat bintang.

Dijelaskan, sebenarnya hasil secara keseluruhan sangat baik, namun ada beberapa poin yang berkurang akibat adanya kelengkapan yang tidak terpasang (sesuai standar di Eropa).

Untuk perlindungan penumpang dewasa secara keseluruhan, mobil ini meraih angka 86 persen. Sementara untuk perlindungan pejalan kaki, mendapat skor 84 persen. Keduanya merupakan poin tertinggi di kelasnya.

Poin maksimum juga dibukukan saat bagian samping mobil dibenturkan dalam kecepatan 32 kpj. Banyak mobil gagal di bagian tes ini, sementara Mazda2 terbaru dianggap memuaskan.

Kompartemen penumpang sangat baik melindungi saat ditabrak dari depan dengan kecepatan tinggi. Poin maksimum diberikan, namun dikurangi sedikit karena tidak adanya kantung udara untuk lutut.

Poin pengurangan

Satu-satunya hal negatif menurut Euro NCAP adalah perlindungan untuk penumpang belakang. Masalah visibilitas juga terganggu saat sandaran kepala jok belakang ditinggikan.

Poin pengurangan juga diberikan ketika fitur ISOFIX tidak disertakan pada jok depan. Autonomous Emergency Braking tidak bekerja pada kecepatan inter-urban (kecepatan sedang), dan tidak diterapkan sebagai fitur standar.

Berikut video tesnya:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com