Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yaris Show Off Bakal "Go International"

Kompas.com - 23/03/2015, 07:42 WIB
Bandung, KompasOtomotif - Ada yang berbeda dengan gelaran ajang modifikasi Yaris Show Off (YSO) 2015, yang diselenggarakan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM). Tahun ini, konsep lomba diubah termasuk penggunaan juri internasional, bukan lagi juri dari dalam negeri.
 
Dengan demikian, proses penilaian YSO juga telah merambah level International. Tiga orang juri asal luar negeri tersebut adalah Neil Tjin yang merupakan  salah satu modifikator top di Amerika Serikat, Charles Kha yang bertugas sebagai Autosalon Editor in Chief, Director of EA Sports, AS, dan William Ng sebagai Editor Auto Salon Magazine dan modifikator asal Australia.

"Tahun ini kami melakukan hal yang berbeda pada Yaris Show Off untuk meningkatkan daya saing serta kreatifitas peserta, sekaligus untuk memotivasi agar mampu menciptakan desain yang dapat bersaing di kancah internasional,” tutur Direktur Marketing PT TAM, Rahmat Samulo, saat menjawab pertanyaan KompasOtomotif.

Azwar Ferdian/KompasOtomotif Tiga juri internasional Yaris Show Off 2015
Samulo melanjutkan, TAM selalu menginginkan pembaruan agar ada peningkatan kualitas dari para peserta yang mungkin tidak kalah dengan modifikator asal negara lain. "Kita inginnya YSO lebih mendunia, dan menunjukan bahwa modifikator Indonesia juga punya talenta yang bagus dibanding negara lain seperti Jepang atau AS," lanjut Samulo.

Regulasi

Widyawati Soedigdo, GM Perencanaan Korporasi dan Humas PT TAM menambahkan, konsep awal YSO di tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Para calon peserta terbuka dari seluruh Indonesia, dan bisa memberikan konsep awalnya kepada Toyota untuk diseleksi kembali.

"Kami buka sejak awal bebas dari semua kota untuk mengirimkan konsepnya kepada kami. Lalu kita pilih hingga mendapatkan lima finalis yang bertarung di Final Battle, sampai terakhir di Bandung dan mendapatkan juaranya. Penilaian dilakukan oleh tiga juri tersebut," jelas Widyawati.

Toyota melakukan perubahan konsep ini berdasarkan masukan dari komunitas Yaris dan juga para modifikator. Selain itu, perbedaan konsep tersebut juga dimaksudkan agar berbeda dengan ajang modifikasi lainnya yang ada di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com