Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menerka Tampilan Camry Baru untuk Indonesia

Kompas.com - 18/03/2015, 10:28 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Sedan terlaris Toyota, Camry mulai dipermak untuk menjaga sensasi barunya. Jatah Indonesia, kabarnya akan segera diluncurkan dalam waktu dekat, dalam hitungan beberapa pekan ke depan.

Lalu, apa saja yang diharapkan para penggemar sedan dari ubahan Camry facelift kali ini? Paling mudah, adalah dengan berkiblat ke Thailand, karena Camry di Indonesia memang diimpor utuh (CBU) dari Negeri Gajah Putih. Serunya lagi, Toyota baru saja meluncurkan Camry facelift-nya itu di Thailand, pekan lalu.

Dari penampilannya, Camry baru terlihat lebih segar, dengan desain yang terkesan lebih dewasa, mapan. Bentuk lampunya berubah, sudah dilengkapi dengan jejeran LED untuk Daytime Running Light (DRL). Grill terlihat lebih panjang dengan aksen krom di bagian atas emblem Toyota. Air dam melebar di bemper membentuk trapesium, dengan lampu kabut di ujung sisi bawah.

Lampu belakang terlihat mirip dengan versi sebelumnya, hanya aksen krom terliat lebih tipis di lis bagian atas. Selain itu, lampu kabut belakang juga berganti posisi ke ujung samping bawah bemper.

Toyota/Paultan Tampilan varian hibrida punya tampilan lebih trendy, mencerminkan teknologinya.

Mesin

Paling menarik, Toyota melepas Camry Facelift dengan mesin baru berkapasitas lebih kecil 2.0L (6AR-FSE). Pilihan ini akan menambah varian G, yang sebelumnya hanya mengandalkan mesin 2.5 liter. Mesin ini punya empat silinder, berteknologi DOHC dan VVT-iW (Variable Valve Timing-intelligent wide) serta D-4S. Teknologi VVT-iW pertama kali digunakan Lexus NX 200t yang belum lama meluncur di Jakarta. Besaran tenaga mesin ini mencapai 164 tk dan torsi 199 Nm.

Sedangkan, mesin lama, 2.5 L (2AR-FXE) bertenaga 178 tk dan torsi 231 Nm tetap digunakan. Sama seperti sebelumnya, Camry juga ditawarkan dalam varian hibrida, mengawinkan mesin konvensional 2.5 liter dan motor listrik, menghasilkan tenaga hingga 157 tk dan torsi 213 Nm. Varian hibrida mengadopsi transmisi ECVT, sedangkan mesin konvensional otomatis sekuensial 6-percepatan.

Toyota/Paultan Varian baru Camry Extremo, menyasar anak muda.

Extremo

Toyota juga melepas varian khusus anak muda untuk Camry kali ini, yakni Extremo. Varian ini dibekali mesin 2.0 liter, tapi punya tampilan yang lebih agresif dan sporty ketimbang versi standar atau hibrida.

Desain bemper depan, grill, emblem biru membuat Extremo terlihat berbeda dengan Camry standar. Aksen sporty diperkuat dengan tambahan, bodi kit dan ujung knalpot ganda.

Interior

Salah satu kelengkapan baru yang menjadi unggulan Camry facelift adalah, fitur pengisian baterai nirkabel untuk ponsel di dalam kabin. Selain itu, DVD layar sentuh disokong 10 speaker JBL untuk memanjakan telinga seluruh penumpang. Untuk keamanan, dilengkapi tujuh kantong udara, dynamic radar, cruise control, Blind-Spot Monitor, Rear Cross Traffic Albert, dan Lane Departure Warning.

Sebagai informasi, di Thailand Camry facelift dibanderol mulai 1,319 juta baht atau setara dengan Rp 527,7 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com