Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Penyebab Mesin Sepeda Motor Mati Saat Terjatuh

Kompas.com - 12/02/2015, 07:40 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Mungkin saja bukan hal aneh bila memperhatikan mesin sepeda motor langsung mati setelah terjatuh ke samping. Namun bila dikupas, mekanisme itu sebenarnya tidak mudah sebab ada perangkat yang mengatur hal tersebut.

Prosedur mesin mati setelah terjatuh merupakan bagian dari teknologi keamanan sepeda motor modern. Kebanyakan sepeda motor injeksi telah dilengkapi sensor sudut kemiringan. Alat ini punya banyak sebutan tergantung merek, misalnya Bank Angle Sensor (BAS) pada Honda, Lean Angle Sensor (LAS) di Yamaha, atau Tip Over (TO) sebutan Suzuki.

Dalam buku Jurus Kilat Jadi Montir Profesional Secara Otodidak terbitan Laskar Aksara dijelaskan bahwa alat tersebut rata-rata fungsinya sama, yaitu mendeteksi sudut kemiringan sepeda motor hingga 60 derajat. Saat mencapai sudut itu selama minimal lima detik, informasi dikirim ke Electronic Control Unit (ECU) untuk menghentikan kerja pompa bensin, injektor, dan ignition coil. Dalam kondisi demikian, mesin akan mati.

Bila ingin kembali menghidupkan mesin, kunci kontak harus terlebih dahulu dipindahkan ke posisi “off”. Kemudian kunci kontak kembali diputar ke “on” dan mesin siap menyala.

Menikung

Lantas bagaimana bila sepeda motor dibawa menikung sampai 60 derajat, apakah mesin akan mati? Jawabannya, tidak. Alasannya, saat menikung ada gaya sentrifugal (gerakan melingkar), sensor tidak menilai gerakan ini sama dengan posisi sepeda motor terjatuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com