Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jeep Grand Cherokee 3.0L Siapkan "Serangan Balik" di Indonesia

Kompas.com - 22/01/2015, 13:48 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Bogor, KompasOtomotif – PT Garansindo Inter Global (Garansindo) benar-benar menaruh harapan terhadap mesin baru 3.0L V6 Pentastar. Setelah dipasangkan pada Jeep Wrangler 2015 dan mampu menurunkan harga jual, kini giliran Jeep Grand Cherokee yang akan mengusung jantung baru lebih efisien tersebut dan berharap berkah baru.

Muhammad Al Abdullah, CEO Garansindo di sela peluncuran dan tes Jeep Wrangler 3.0L di Mega Mendung, Bogor, (21/1/2014), mengatakan bahwa Grand Cherokee terbaru siap melakukan "serangan balik" terhadap para kompetitor.

”Selama ini kami bertarung dengan kelas 3.600 cc, karena kemarin masih pakai mesin 3.6L. Kalau sudah 3.000cc, secara harga akan setara dengan BMW X5 dan Mercedes-Benz ML400. Sekarang kami siap ’bertanding’ head to head dengan mereka,” cetus pria yang akrab disapa Memet itu.

Dijelaskan Memet, selama ini mesin-mesin 3.6L Pentastar yang dipasangkan pada mobil-mobil Jeep mendapat tekanan saat pemerintah menaikkan PPnBM mobil di atas 3.000cc menjadi 125 persen sejak April 2014. Dengan mesin baru, kenaikan pajak yang mencekik itu bisa dihindari.

”Kami akan merilis model ini bulan depan (Februari). Akan ada dua varian, Overland dan Limited, 3.000cc sama seperti mesin Wrangler 2015. Tapi bedanya, transmisi akan menggunakan tipe 8-percepatan,” ungkap Memet.

Jika dibandingkan secara teknis, ketiganya (Jeep Grand Cherokee 3.0L, BMW X5, dan Mercedes-Benz ML400) cukup sebanding. Kubikasi, tenaga, torsi, hampir sama. Bahkan secara harga, Memet mengatakan bisa bersaing sengit. ”Akan kami jual perkiraan Rp 1,1 miliar off the road,” tukas Memet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com