Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Perubahan Mendasar Jeep Wrangler 2015

Kompas.com - 21/01/2015, 19:00 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Bogor, KompasOtomotif – Sepintas, Jeep Wrangler model 2015 tak ubahnya model 2014, karena memang secara visual sama persis. Namun di balik tampang berototnya, terdapat mesin dan kelengkapan baru yang menambah nilai dari mobil ikonik asal Amerika Serikat itu.

PT Garansindo Inter Global (Garansindo) pun mulai menjual model ini dengan range harga Rp 790 juta hingga Rp 1 miliar, terbagi atas enam varian. Mulai Wrangler Sport 2 dan 4 pintu, Rubicon 2 dan 4 pintu, Sport Renegade 4 pintu, dan Sahara 2 pintu.

Tampang masih mengadopsi desain ciri khas, yakni gril dengan beberapa lubang vertikal dan lampu bulat. Spakbor besar memberikan kesan gagah, sementara bagian belakang juga masih diturunkan dari model legenda. Atap bisa dibuka, membuat mobil ini serbabisa untuk petualangan.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Jeep Wrangler 2015 mendapat mesin bensin 3.000 cc yang lebih efisien dan terjangkau.

Mesin

Mesin baru 3.000cc V6 Pentastar didesain untuk pasar khusus. Indonesia adalah negara kedua setelah China yang mendapatkan jantung baru ini. Menurut Rieva Muchsin, Chief Marketing Officer Garansindo, inilah jawaban dari permintaan mesin kecil untuk Wrangler yang lebih efisien.

”Dengan mesin lebih kecil, tidak mengurangi kapabilitas dan kemampuannya. Kalau bisa lebih irit dengan kemampuan sama, kenapa harus ada mesin besar? Pertimbangan orang berbeda-beda, tergantung kebutuhan,” ujar Rieva.

Mesin 3.0L Pentastar memiliki sudut kemiringan 60 derjat yang berfokus pada pengurangan getaran dan suara. Tenaga maksimal yang dihasilkan mencapai 230 tk @6.000 rpm dan torsi 285 Nm @4.400 rpm. Dalam pengembangannya, mesin telah disesuaikan dengan sistem transmisi dan gardan, sehingga seluruh tenaga dapat tersalurkan ke setiap roda dengan baik.

Pilihan lain, sama seperti model 2014, yakni diesel 2.8L Turbo. Tenaga maksimal mencapai 200 tk @3.600 rpm, sementara torsinya jauh lebih besar, yakni 460 Nm @2.600 rpm. Sementara pilihan lain, mesin 6.4L HEMI V8 yang bisa didapatkan dengan harga khusus.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Interior mendapat penyegaran pada speaker merek Alpine.

Perubahan lain

Fitur baru lainnya sebagai penyempurnaan adalah interior. Model 2015 sudah dilengkapi 9 pengeras suara dari Alpine, ditempatkan sedemikian rupa sehingga menghasilkan kualitas audio yang baik. Material All-Wheater Resistant membuat mobil ini lebih kuat dan tahan lama dalam segala cuaca.

Enam pilihan warna bisa dipilih, yakni Sunset Orange, Green Tank, Cooper Brown, Firecracker Red, Baja Yellow, dan Hydro Blue. Semua unit sudah bisa dipesan dan siap diboyong. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com