Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Rasanya Membalap via Simulator [Video]

Kompas.com - 07/01/2015, 14:40 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Le Mans, KompasOtomotif - Tidak mudah memacu mobil di sirkuit untuk mendapatkan waktu tercepat. Ada banyak faktor yang harus diperhatikan, misalnya berapa kecepatan yang pas untuk membelok, kapan pedal rem dan gas harus diinjak, dan pemilihan waktu penggantian gigi saat putaran mesin optimal. Bayangkan bila semua kombinasi itu dilakukan saat balapan enduro 24 jam penuh seperti dilakukan di Le Mans, Prancis.

Pebalap Le Mans 24 jam tentu butuh konsentrasi dan stamina tinggi, salah satu metode yang kini kerap digunakan untuk melatih hal itu dengan latihan simulator yang digunakan seperti permainan. Mungkin sebagian orang masih penasaran bagaimana rasanya mengemudi via simulator, nah pebalap pabrikan Audi, Rene Rast kini ingin menunjukannya.

Rast menggunakan program Project Cars, permainan simulasi balap yang dikembangkan developer video game asal Inggris Slightly Mad Studios. Permainan ini belum beredar untuk umum, rencananya akan diluncurkan pada 17 Maret 2015 dan tersedia buat Microsoft Windows, PlayStation 4, Xbox One, Wii U, dan SteamOS/Linux.

Rast berada di balik kemudi berhadapan dengan tiga monitor yang menjadi pemandangan seluruh aktivitas saat balap. Hampir semua bisa terasa, getaran saat mobil mengerem kuat dan guncangan saat bodi sedikit bergeser. Namun ada satu yang hilang, yaitu tekanan gravitasi ketika berkecepatan tinggi.

“Buat saya sangat penting membiasakan diri dengan teknik mengemudi baru seperti mengangkat kaki sebelum daerah pengereman, tanpa Project Cars sangat sulit beradaptasi,” tulis Rast dalam deskripsi video, seperti diberitakan Autoevolution, Selasa (6/1/2015).

Ingin tahu bagaimana rasanya, berikut video lengkapnya dari pandangan orang pertama.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com