Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi F1, Audi Siap Tinggalkan DTM dan Le Mans

Kompas.com - 28/10/2014, 11:15 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Stuttgart, KompasOtomotif - Demi berkompetisi di Grand Prix Formula One (F1) pada 2016, Audi akan meninggalkan partisipasi pada ajang balap touring Jerman (DTM) dan Le Mans 24 jam. Sumber internal grup Volkswagen mengatakan, Audi sedang dalam tahap mempertimbangkan membeli tim F1 yang sudah ada, kesempatan paling bagus adalah Red Bull Racing atau Toro Rosso.

F1 butuh biaya besar, Audi serius menggeser aliran dana untuk DTM dan Le Mans 24 jam ke balapan paling tersohor di dunia itu. Audi tak pernah menyentuh F1 di era modern, pabrikan asal Jerman ini telah lama meninggalkan F1 sejak 1950.

Pada 2013 Audi sempat dikabarkan ingin masuk F1 setelah FIA mengumbar ide mengubah komposisi mesin F1 menjadi 4-silinder turbo, namun rencana itu batal dan mesin V6 turbocharged yang terpilih. Sejak regulasi baru FIA menyatakan F1 memakai mesin 1.6L V6 turbo plus hibrida, Volkswagen dan Audi telah bekerja mengembangkan mesin itu sejak awal 2014.

Rencana Audi masuk F1 semakin merebak setelah merekrut mantan principal tim Ferrari F1 Stefano Domenicali bulan ini. Menurut sumber hal ini mengindikasikan keseriusan Audi, sebab Domenicali tak punya pengalaman pada mobil sport berkarakter touring ataupun Le Mans.

Rumor lebih jauh mengatakan, juara dunia F1 dua kali, Fernando Alonso, masuk dalam incaran potensial untuk pebalap. Alonso punya kedekatan dengan Domenicali, Audi ingin mengulangi kejayaan keduanya saat bergabung di Ferrari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com